Daftar Ponsel yang Kebagian Pembaruan Android 10

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 27/08/2019 13:52 WIB
Daftar Ponsel yang Kebagian Pembaruan Android 10 Asus Zenfone 5Z menjadi salah satu ponsel yang kebagian pembaruan Android 10. (Foto: CNN Indonesia/Bintoro Agung Sugiharto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google telah mengumumkan nama resmi generasi penerus sistem operasi ponselnya yakni Android 10. Sejumlah ponsel mulai dari Google Pixel hingga Asus ZenFone 5Z dipastikan mendapatkan pembaruan sistem operasi baru ini.

Selain itu, beredar kabar bahwa perilisan resmi Android 10 bakal dilaksanakan pada 3 September 2019. Mengutip Slashgear, berikut daftar lengkap ponsel yang didukung sistem operasi Android 10:

1. Google Pixel
2. Google Pixel 2 dan 3
3. Google Pixel XL
4. Google Pixel 2 XL dan 3 XL
5. Google Pixel 3a dan Pixel 3a XL
6. ASUS Zenfone 5Z
7. Esensial PH-1
8. Huawei Mate 20 Pro
9. LG G8 ThinQ
10. Nokia 8.1
11. OnePlus 6T
12. Oppo Reno
13. Realme 3 Pro
14. Sony XPERIA XZ3
15. Techno Spark 3 Pro
16. Vivo X27
17. Nex S dan A
18. Xiaomi Mi 9
19. Xiaomi Mi Mix 3 5G



Sistem operasi terbaru Google kali ini tidak lagi menggunakan nama makanan penutup. Jika merunut pada penamaan Android, perusahaan seharusnya menggunakan nama makanan penutup berawalan Q.

Mulai dari Android, Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jellybean, KitKat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, dan Pie.

Dalam blog resminya, Google mengaku jika penamaan sistem operasi tetap menggunakan nama penutup bakal sulit dipahami oleh orang dari negara-negara tertentu.

"Misalnya, L dan R tidak dapat dibedakan saat diucapkan dalam beberapa bahasa. Jadi ketika beberapa orang mendengar kami mengatakan Android Lollipop keras, itu tidak jelas secara intuitif bahwa merujuk ke versi setelah KitKat," tulis Sameer Samat, wakil manajemen produk Android.

Selain itu Google juga mengklaim bahwa penamaan yang jelas dan dapat dihubungkan dengan semua orang di dunia merupakan hal yang penting. Pasalnya saat ini Android telah digunakan secara aktif oleh lebih dari 2,5 miliar perangkat.

Selain menggunakan nama baru, Google juga menampilkan logo Android yang terlihat lebih modern. Robot Android yang semula berwarna hijau kini hanya tampak bagian kepalanya saja.

Sementara tulisan Android yang awalnya berwarna hijau kini berubah menjadi hitam dengan dalih agar lebih mudah dilihat.

[Gambas:Video CNN] (din/evn)