Desain Baru Calya dan Sigra Meluncur Pekan Depan

fea, CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 11:30 WIB
Desain Baru Calya dan Sigra Meluncur Pekan Depan Ilustrasi Daihatsu Sigra. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota Astra Motor (TAM) memastikan desain baru MPV Calya bakalan meluncur pada 16 September di Jakarta. Kepastian itu datang dari undangan resmi yang sampai di meja redaksi CNNIndonesia.com.

Sejak bulan lalu, penampakan Calya facelift diketahui sudah terlihat di berbagai lokasi di Indonesia berdasarkan kemunculannya di media sosial. Ada kemungkinan pasokan unitnya sudah dikirim TAM ke berbagai gudang penyimpanan dan pihak dealer.


[Gambas:Instagram]
Dibanding model lama, bagian wajah yang berubah terlihat pada gril, bumper, dan lampu kabut. Sedangkan bentuk lampu besar terlihat sama, namun sudah diganti tipe lampu LED.


Bagian belakang terlihat tidak ada yang berubah kecuali lis pintu belakang yang kini lebih lebar dan berwarna hitam. Calya terbaru juga terlihat memiliki desain pelek baru. Di kabin, satu fitur yang sudah ketahuan diganti yakni headunit.

[Gambas:Instagram]

Bukan cuma Calya yang akan meluncur pada 16 September, Astra Daihatsu Motor (ADM) juga bakal meluncurkan pembaruan Sigra pada tanggal yang sama. Calya dan Sigra merupakan produk kembar yang diproduksi Daihatsu di Indonesia.

Perubahan kadar facelift pada Calya ini merupakan yang pertama kali dilakukan TAM sejak peluncurannya pada 2016. Calya yang merupakan bagian dari Low Cost Green Car (LCGC) bakal meluncur meski belum ada kepastian tentang penghapusan keistimewaan program itu dari pemerintah.

Kabar terakhir, Kementerian Keuangan ingin menetapkan produk LCGC kena Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar tiga persen. Sejak LCGC diterbitkan pada 2013, semua produk mendapatkan fasilitas dari pemerintah yakni PPnBM nol persen. (fea)