Uji Produk

Samsung Galaxy A80, HP Kamera Putar Jagoan 'Low Light'

Eka Santhika, CNN Indonesia | Selasa, 08/10/2019 18:57 WIB
Kamera Mantap di 'Low Light' Foto: CNN Indonesia/ Hesti Rika

Kamera Mantap di 'Low Light'

Ponsel ini menggunakan dilengkapi tripel kamera dengan kamera Utama 48 MP f/2.0; ultra-wide: 8MP f/2.2; kamera 3D Depth f/1.2, 30mm. Kamera ini juga bisa merekam video 2160p dengan frame rate 30fps. Opsi lain, merekam 1080p pada frame rate 30 atau 60fps.

Kamera putar pada ponsel ini memberikan keuntungan karena pengguna akan mendapat kualitas foto yang sama ketika memotret dengan kamera belakang atau depan.

Performa kamera ponsel ini untuk mengangkap gambar pada kondisi kurang cahaya sangat baik. Sebab, kamera bisa memberi detil yang cukup baik pada area yang gelap. Padahal ketika dipotret menggunakan kamera lain, daerah gelap itu tidak tergambarkan dengan baik. Warna yang dihasilkan saat memotret di kondisi kurang cahaya pun lebih kaya.


Foto Samsung Galaxy A80 di kondisi kurang cahaya (CNNIndonesia/ Eka Santhika)

Perbandingan foto di kondisi kurang cahaya menggunakan Huawei P20 Pro. Beberapa bagian yang gelap terlihat lebih cerah pada kamera A80 (CNNIndonesia/ Eka Santhika)

Samsung A80 Foto dalam ruangan lowlight Galaxy A80 (CNNIndonesia/ Eka Santhika)

Samsung A80 Foto dalam ruangan lowlight Huawei P20 Pro (CNNIndonesia/ Eka Santhika)

Pada saat memotret, pengguna bisa memilih apakah akan menggunakan kamera sudut lebar atau menggunakan kamera utama. Opsi ini bisa dipilih saat membuka mode foto dan tampak ada gambar 2 pohon untuk menggunakan kamera utama dan 3 pohon untuk sudut lebar.

Jika opsi sudut lebar dipilih. Kamera sudut lebar bisa memuat wilayah yang lebih luas ketimbang menggunakan kamera utama, misal pengguna perlu untuk mengambil foto wefie (selfie dengan banyak orang). Opsi ini juga tersedia ketika pengguna menggunakan mode perekaman video.

Samsung A80 Hasil foto kamera wide angle menampilkan ruang yang lebih lebar dibanding foto dengan kamera utama (CNNIndonesia/ Eka Santhika)

Samsung A80 Hasil foto kamera utama (CNNIndonesia/ Eka Santhika)


Kamera ini memiliki pilihan fokus live. Fitur ini membuat pengguna bisa menentukan tingkat keburaman latar belakang setelah foto diambil. Namun, pada benda yang kompleks, tingkat keburaman ini tidak menghasilkan foto yang terlalu baik. Karena bagian foto dengan detil kecil seperti ruang diantara dedaunan ini tidak bisa diburamkan dengan baik.

Samsung A80 Hasil foto menggunakan fitur "live focus" membuat pengguna bisa memilih tingkat keburaman latar setelah foto diambil. Namun, pada benda yang kompleks dengan banyak detil seperti pada gambar, biasanya hasil pemburaman tidak terlalu baik (CNNIndonesia/ Eka Santhika)

Menyoal pemotretan di dalam ruangan, ketika dicoba hasil foto kamera ini tak berbeda jauh dari Realme X yang dibanderol Rp3,5-4,3 juta. Namun, dari segi warna, Realme X memberikan warna yang lebih hidup.

Samsung A80 Hasil foto dalam ruangan Galaxy A80 (CNNIndonesia/ Eka Santhika)

Samsung A80 Hasil foto Realme X (CNNIndonesia/ Eka Santhika)


[Gambas:Video CNN]

Performa dan Kesimpulan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3