NASA Bakal Berburu Fosil di Mars

CNN, CNN Indonesia | Jumat, 15/11/2019 07:17 WIB
NASA Bakal Berburu Fosil di Mars Kawah Jazero yang akan jadi lokasi perburuan fosil di Mars (Screenshot via web Nasa.gov)
Jakarta, CNN Indonesia -- NASA akan mulai berburu fosil di Mars pada 2020. Perburuan ini akan dilakukan oleh rover badan antariksa Amerika Serikat (AS) yang akan diterbangkan pada pertengahan tahun depan. Rover ini lantas akan mendarat di Mars pada Februari 2021.

Perburuan akan dilakukan pada kawah bagian dalam Jazero di Mars. Fosil yang akan dicari oleh rover ini berupa sisa kerang, koral, atau stromatolites.

Stromatolites adalah batuan yang terbentuk di planet ini oleh mikroba purba yang hidup di sepanjang garis pantai.

"Mereka hidup disepanjang garis pantai, lokasi dimana air dan cahaya matahari melimpah," jelas NASA seperti dipublikasikan jurnal Icarus.

Kondisi pinggir pantai ini menjadi lokasi yang cocok untuk mempelajari bagaimana interaksi antara karbondioksida dan air, seperti dilansir dari laman NASA.


Wilayah perbatasan ini juga menyimpan catatan sejarah bagaimana perubahan interaksi keduanya terjadi dari waktu ke waktu. Sehingga para peneliti bisa mempelajari kapan dan bagaimana Planet Merah mulai mengering.

NASA tidak berharap akan menemukan kerang laut, tapi rover ini akan mencari stromatolites. Jika benda ini ditemukan, ini akan menjadi tanda kehidupan mikrobakteri di masa lalu di planet tak berpenghuni ini.

[Gambas:Video CNN]

Sebab, temuan ini akan memberi petunjuk bagaimana Mars berubah dari tempat yang berair menjadi gurun seperti saat ini.

Meski demikian, para peneliti masih tak mengetahui apakah karbonat itu terbentuk dari danau purba atau sudah mengendap jauh sebelum itu, seperti dilaporkan CNet.

Misi Mars 2020 akan mencari tanda-tanda kehidupan dari kehidupan mikroba sebelumnya. Misi ini akan mengumpulkan sampel dari daratan di Mars. Misi ke Mars selanjutnya akan mengirim kembali sampel-sampel ini kembali ke Bumi untuk diteliti lebih lanjut.
(eks)