Tips Tekno

5 Fitur Android yang Belum Banyak Diketahui

CNN Indonesia | Minggu, 24/11/2019 10:09 WIB
5 Fitur Android yang Belum Banyak Diketahui Ilustrasi (CNN Indonesia/Agnes Savithri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berbagai fitur kini hadir di ponsel Android untuk memudahkan aktivitas Anda saat menggunakan smartphone. Namun ternyata masih banyak fitur yang belum populer padahal sangat bermanfaat.

Sebagai catatan, fitur-fitur ini belum tentu ada di semua ponsel Android. Tiap jenis dan merek ponsel biasanya memiliki cara penamaan sendiri sehingga bisa jadi berbeda.

1. Layar tak terkunci secara otomatis di lokasi tertentu


Memberikan kata sandi maupun pengaman lainnya tentu dapat mencegah ponsel diakses oleh sembarang orang. Namun akan menjadi merepotkan bila harus terus memasukkan kata sandi setiap ingin menggunakan ponsel walau sedang berada di rumah.

Fitur ini dapat diaktifkan dengan cara membuka Settings -> kemudian Lock Screen -> lalu Smart Lock. Hal selanjutnya yang Anda lakukan adalah mengatur pengaturan seperti alamat lokasi yang diinginkan hingga saat ponsel berada di genggaman Anda.


2. Menonton video sambil membalas chat

Aktivitas seperti bermain gim atau menonton film yang cukup menyita waktu membuat Anda lupa untuk membalas sejumlah pesan penting.

Solusi agar tetap dapat menjalankan kedua kegiatan tersebut secara bersamaan menggunakan fitur split screen (membagi layar) atau menu multitask.

Cara mengaktifkan fitur tersebut sebagai berikut.
- Ketuk menu navigasi dengan tanda kotak di kanan bawah ponsel. Menu ini biasa digunakan untuk membuka semua aplikasi yang aktif di ponsel.
- Menu untuk membuka fitur multitask ini berbeda pada tiap ponsel Android. Pengguna bisa melakukannya dengan menekan dan tahan pada logo aplikasi yang hendak diakses lalu pilih open in split screen view.
- Beberapa antarmuka pada ponsel Android lain sudah menyiapkan logo splitscreen khusus di kanan atau kiri atas. Logo ini biasanya berupa dua kotak bertumpuk. Pengguna tinggal mengklik logo itu untuk memilih tampilan split screen.
- Setelah aplikasi tersebut tampil setengah, buka aplikasi lainnya yang juga ingin diakses bersamaan.

[Gambas:Video CNN]


3. Amankan ponsel saat dipinjam

Ketika sedang meminjamkan ponsel pada orang lain untuk mengakses suatu aplikasi tertentu, kita tak dapat mengawasi apakah ponsel kita tidak sedang digunakan untuk membuka folder atau aplikasi yang sifatnya sangat personal. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda tak perlu khawatir meminjamkan ponsel pada orang lain.

Dilansir dari KimKomando, berikut cara untuk mengaktifkan fitur yang dinamakan Screen Pinning ini:
- Buka Pengaturan/ Setting
- Pilih Keamanan & Privasi
- Pilih Pengaturan lainnya (More Setting)
- Ketuk "Screen Pinning"
- Pastikan saat fitur telah diaktifkan, Anda sudah mengaktifkan bersamaan dengan opsi untuk meminta PIN, pola, atau kata sandi Anda.
- Menu screen pinning pun telah diaktifkan.

Untuk mengunci agar tampilkan ponsel terkunci pada aplikasi tertentu saat dipinjam dan peminjam tak bisa membuka aplikasi lain, berikut caranya.

- Ketuk menu navigasi dengan tanda kotak di kanan bawah ponsel. Menu ini biasa digunakan untuk membuka semua aplikasi yang aktif di ponsel.
- Ketika layar ponsel sudah menunjukkan semua aplikasi yang aktif, pilih satu aplikasi yang akan ditahan ketika ponsel akan dipinjam.
- Geser ke kiri dan kanan untuk memilih aplikasi apa saja yang akan dikunci. Tanda pin akan muncul di bagian bawah aplikasi yang aktif di ponsel.
- Pilih tanda pin pada aplikasi yang diinginkan.

Ketika fitur ini diaktifkan, peminjam hanya bisa membuka aplikasi yang sudah di pin. Jika peminjam mengetuk home maka ponsel akan otomatis terkunci. Untuk membuka ponsel, password atau pengaman pola dari ponsel tersebut.

4. Mengembalikan notifikasi yang hilang
5 Fitur Android yang Belum Banyak DiketahuiFitur untuk menampilkan kembali notifikasi yang sudah hilang hanya tersedia pada beberapa ponsel Android saja (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Biasanya secara tak sengaja menggeser notifikasi yang muncul sehingga menjadi terhapus. Padahal Anda ingin melihatnya dulu sebelum benar-benar membacanya di aplikasi tersebut.

Dilansir dari Popular Science, cara mengembalikan notifikasi tersebut hanya dengan mengetuk dan menahan pada bagian yang kosong di layar beranda. Kemudian pilih Widget dan temukan Settings shortcut. Pilih Notification Log dari daftar dan buka ikon dan lihat riwayat notifikasi Anda.

Tapi pilihan menu notification log ini tidak tersedia di semua ponsel Android. Hanya ponsel Android dengan antar muka yang mendekati Android murni saja yang memiliki menu saja, Android One misalnya. Menu ini ada di Google Pixel 2 XL, Pixel 3, and Razer Phone 2. Tapi Samsung, Huawei, dan Xiaomi tak memiliki menu ini.

Bagi ponsel yang tak punya pilihan menu ini bisa mengunduh aplikasi Unnotification. Aplikasi ini bisa menampilkan semua notifikasi yang pernah muncul.

5. Menggunakan Android dengan satu tangan

Kebiasaan menggunakan ponsel dengan satu tangan biasanya dilakukan saat salah satu tangan yang lain sedang sibuk memegang sesuatu. Misalnya seperti saat sedang bergelantungan di kendaraan umum.

Namun hal itu menjadi sulit karena ponsel sekarang ukurannya cukup besar dan sulit dijangkau hanya dengan satu tangan. Untuk memudahkan mengakes, terdapat jalan pintas untuk mengakesnya secara mudah.

- Buka Keyboard
- Buka ikon berbentuk keyboard disebelah ikon pengaturan
- Pilih menu one-handed keyboard. (ndn/eks)