Polda Minta Pemprov DKI Buka Gerai Perpanjangan SIM di Mal

CNN Indonesia | Jumat, 05/06/2020 20:07 WIB
Antrean perpanjang SIM dan STNK di Samsat Polda, Kamis 5 januari 2017 Ilustrasi perpanjangan SIM. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polda Metro Jaya meminta agar gerai perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di pusat perbelanjaan bisa beroperasi jelang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi per hari ini.

Untuk itu, pihak Polda Metro telah mengajukan surat mengenai operasional gerai perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) di mal.

"Operasional gerai sedang diajukan ke Pemprov," kata Kasie SIM Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Lalu Hedwin melalui sambungan telepon, Jumat (5/6).


Pengajuan operasional ke Pemprov ini menyusul keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memperbolehkan mal buka, Jumat (5/6).

Sampai saat ini Polda Metro Jaya memiliki delapan gerai SIM di sejumlah mal DKI. Harapannya per 15 Juni gerai-gerai tersebut kembali buka bersamaan dengan pusat perbelanjaan.

Gerai perpanjangan SIM di mal sebelumnya tutup sementara karena ketentuan PSBB yang meminta pusat perbelanjaan tutup. Hanya 11 sektor usaha di dalam mal yang boleh buka, termasuk apotek, ATM, dan pasar swalayan.

PSBB Jakarta ini kembali diperpanjang sejak pertama berlaku pada 10 April. Namun Anies menyebutkan mulai 5 Juni statusnya menjadi PSBB transisi.

Anies dalam paparannya kemarin Kamis (5/6) mengungkapkan Izin operasi diberikan pada mal dan pasar nonpangan lainnya mulai 15 Juni.

Anies menyampaikan pembukaan tempat usaha akan diiringi dengan protokol kesehatan ketat. Misalnya membatasi jumlah pengunjung hanya 50 persen dari total kapasitas mal.
(ryn/eks)

[Gambas:Video CNN]