Cara Membuat Soal di Google Docs dalam Waktu Singkat

Tim, CNN Indonesia | Senin, 06/07/2020 21:09 WIB
ilustrasi google docs Selain untuk membuat file berbasis teks, Google Docs juga bisa untuk membuat dan mendistribusikan soal. Berikut cara membuat soal online di Google Docs. (Foto: Google via Wikimedia Commons)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google Document atau Google Docs terintegrasi dengan layanan lain pada penyimpanan online Google Drive yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Salah satu fungsinya yakni untuk membuat soal pada Google Docs.

Soal-soal maupun pertanyaan yang telah dibuat selanjutnya bisa didistribusikan kepada orang lain yang memang ditujukan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Misalnya untuk keperluan tes, ujian, kuis dari guru kepada murid-muridnya.


Integrasi Layanan Membuat Soal di Google Document

Meskipun pada dasarnya Google Document adalah layanan pengolah kata, namun fitur ini juga terintegrasi dengan fitur-fitur lainnnya. Berikut 5 fitur yang dapat dimanfaatkan di Google Docs:


Young Women working on his laptop with blank copy space screen for your advertising text message in office, Back view of business women hands busy using laptop at office desk on white with clipping pathDalam Google Docs, ada 5 pilihan fitur yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan pengguna. Misalnya untuk membuat soal atau kuis secara online, bisa pakai Google Form (Foto: iStockphoto/Suradech14)

- Documents: Untuk menulis surat, selebaran, esai, dan dokumen apa pun berbasis teks. Fiturnya mirip dengan Microsoft Word namun memungkinkan penggunanya berkolaborasi bersama orang lain.

- Spreadsheet: Untuk mengatur dan mengelola data dalam bentuk baris dan kolom atau tabel-tabel), serta membyat chart. Fitur ini juga dilengkapi dengan rumus-rumus atau formula seperti pada Microsoft Excel

- Presentasi (Slide): Membuat dan memformat tayangan dalam slide-slide untuk presentasi mirip dengan fitur pada Microsoft Power Point, namun secara online.

- Formulir (Form): Fitur untuk membuat administrasi survei atau kuesioner dan memungkinkan pengumpulan data dengan cepat dan real-time

- Drawings: Untuk membuat grafik atau diagram vektor maupun gambar lain yang sederhana. Hasil gambarnya dapat di-download dalam format seperti JPEG, PNG, SVG, maupun PDF.


Cara Membuat Soal di Google Docs

Untuk dapat membuat soal, maka pengguna tinggal memilih fitur Google Form atau formulir. Ada serangkaian tools yang memudahkan pengguna untuk membuat butir-butir soal serta pilihan jawaban secara rapi, runut, dan terstruktur.

ilustrasi Google FormUntuk dapat membuat soal, masuk dahulu ke Google Docs dan pilih fitur yang dimaui seperti Form (Foto: Google Form)

Google Form sendiri bisa ditemukan dengan masuk terlebih dahulu ke Google Document, selanjutnya pada bagian menu di atas, bisa pilih "File"

Dari "File" akan keluar beberapa menu, seperti; "Bagikan", "Baru", "Buka", "Buat Salinan", dan lainnya.

Pilih menu "Baru", dan di sanalah Google Formulir bisa ditemukan

Setelah menemukan Google Formulir, klik itu, selanjutnya ada beberapa langkah yang harus anda tempuh, sebagai berikut.

1. Tuliskan judul soal yang ingin dibuat pada bagian "Untitled Form"

2. Pengguna bisa memasukkan petunjuk pada bagian "You can include any text"

3. Selanjutnya masukkan pertanyaan pertama, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni:

  • Bagian "Question Title" atau judul pertanyaan pastikan pengguna selalu tuliskan nama mahasiswa pada bagian "Student Name" untuk memudahkan memberi pertanyaan selanjutnya
  • Pada bagian "Help Text" biarkan kosong
  • Kemudian pada bagian "Question Type" atau jenis pertanyaan pilih "Text" atau tulisan
  • Selanjutnya cek pada bagian "Make This Required Question"
  • Setelah itu pencet "Done" jika semua sudah selesai, jika ada yang perlu diperbaiki lakukan lagi dari awal

4. Contoh pertanyaan kedua akan muncul di bawah bagian "Student Name". Seret mouse ke atas area tersebut ke arah tombol warna emas. Selanjutnya ikon pensil dua kotak akan muncul, untuk mengedit pertanyaan kedua klik hal tersebut. Jika ingin menambahkan pertanyaan lakukan hal serupa seperti di atas.

5. Ketika selesai tekan "Save", soal di Google Docs tersebut maka akan tersimpan dari waktu ke waktu


Bentuk-Bentuk Membuat Soal di Google Docs

Google Document menyediakan beberapa bentuk soal, tujuannya agar soal yang disajikan lebih variatif. Berikut adalah bentuk-bentuk soal tersebut:

1. Text

Berupa uraian singkat dari pertanyaan yang diajukan

2. Paragraph Text

Berupa uraian yang lebih panjang dari text bisa berbentuk beberapa paragraf

3. Multiple Choice

Berupa pilihan ganda dari. Silakan buat jawaban disana dan nanti akan dipilih oleh penjawab, hanya satu opsi yang bisa dipilih

4. Check Boxes

Penjawab akan menentukan dari beberapa opsi, bisa lebih dari satu opsi yang dipilihnya

5. Dropdown

Serupa dengan pilihan ganda namun kali ini jawabannya ada di menu yang tersedia. Berguna untuk menjaga ringkasan ketika ada banyak jawaban

6. Time

Memungkinkan penanya menanyakan sesuatu peristiwa tentang waktu kejadian, mulai dari jam, hari, bulan, hingga tahun

Setelah soal berhasil dibuat, langkah selanjutnya membagikan soal kepada orang yang harus menjawab. Berikut caranya:

  • Pada spreadsheet klik "Form" dan kemudian pergi ke "Go to live form"
  • Salin tautan dan berikan kepada mereka yang harus menjawab pertanyaan tersebut
  • Tautan dapat dikirimkan melalui e-mail atau alternatif kontak di media sosial lainnya, seperti WhatsApp, Facebook Messenger, dan Line

Setelah penjawab memberikan jawaban, pemberi pertanyaan yang sudah membagikan tautan pertanyaan bisa melihat hasilnya, dengan cara:

  • Pada template kuis yang telah dibuat cari "See responses" kemudian klik itu
  • Halaman akan kosong jika belum ada yang menjawab pertanyaan, namun jika sudah maka Google akan mencatatnya dan pemberi pertanyaan baru bisa melihat hasilnya

Cara membuat soal di Google Document di atas cukup mudah, bukan? Silakan menerapkan cara tersebut dan memungkinkan Anda memberi pertanyaan kepada siapa pun secara online sekaligus mendapat jawaban secara cepat dan real-time. Selamat mencoba.

(ndn/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK