Cara Membuat Akun G-mail dari HP dan PC

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 14/07/2020 11:42 WIB
Ilustrasi Gmail di smartphone dan tablet G-mail adalah penyedia layanan e-mail gratis terbaik dengan fitur yang mudah dioperasikan. Ketahui cara membuat akun G-mail melalui PC dan HP. (Foto: Dok. Google)
Jakarta, CNN Indonesia --

Google mail atau G-mail merupakan salah satu penyedia (provider) layanan e-mail terbaik. Memiliki lebih dari satu miliar pengguna menjadikan G-mail sebagai pemimpin pasar e-mail gratis.

Tampilan antarmukanya yang sederhana dengan penggunaannya yang mudah memudahkan pengguna ketika membaca dan membalas e-mail, terlebih bagi pengguna yang baru mencoba pertama kali. Namun, sebelum dapat menggunakannya, ketahui dulu cara membuat akun G-mail.

Dengan memiliki akun G-mail nantinya dapat diintegrasikan pada media sosial lainnya, seperti media streaming video YouTube, Facebook, Instagram, layanan penyimpanan online G-drive dan segala fasilitasnya.


Membuatnya akun G-mail dapat melalui personal computer (PC) maupun handphone (hp). Asalkan terhubung dengan koneksi internet, tidak sampai 3 menit akun G-mail baru Anda sudah selesai dibuat.

Cara Membuat Akun G-mail di PC

Ilustrasi bekerja dengan laptopCara membuat akun G-mail di PC adalah mengakses browser dan melakukan registrasi dengan mengisi data diri, alam e-mail dan password yang akan digunakan untuk keperluan mengakses e-mail. (Foto: Startup Stock Photos)
  1. Masuk ke alamat www.gmail.com pada browser yang tersedia di PC
  2. Lalu pilih "Sign Up"
  3. Setelahnya calon pengguna akan diminta mengisi beberapa data diri, mulai dari nama depan, nama belakang, nama alamat e-mail, dan kata sandi
  4. Setelah mengisi data-data itu tekan "Berikutnya" pada bagian kanan bawah layar
  5. Pada halaman berikutnya, calon pengguna akan diminta data diri lainnya, mulai dari nomor telepon aktif, alamat e-mail pemulihan (opsional bisa diisi bisa juga tidak), kemudian tanggal lahir, dan gender
  6. Setelah mengisi data-data tersebut pilih "Berikutnya"
  7. Google akan mengirimkan pesan SMS ke nomor telepon aktif yang telah dimasukkan sebelumnya yang berisi kode verifikasi enam digit
  8. Calon pengguna bisa meminta kode itu dengan menekan "kirim" atau bisa juga tidak mengirimnya sekarang dengan pilih "Jangan Sekarang"
  9. Halaman selanjutnya akan berisi keterangan soal privasi dan keamanan akun, baca dengan seksama, kemudian tekan "Setuju" jika setuju atau tekan "Batal" jika tidak setuju, namun akan otomatis gagal membuat akun. Jika menekan setuju maka pembuatan akun berhasil dan halaman selanjutnya akan masuk pada beranda akun
  10. Silakan masukkan foto profil pada bagian kanan atas layar jika mau, jika ingin menggunakan e-mailnya, bisa langsung log in kembali melalui laman G-mail kemudian masukkan alamat e-mail dan kata sandi.


Cara Membuat Akun G-mail lewat HP

Ilustrasi Smartphone AndroidCara membuat akun G-mail lewat HP yakni mengunduh aplikasi G-mail untuk akses yang lebih cepat dan praktis  (Foto: smalox/Thinkstock)
  1. Membuat akun lewat HP bisa dengan mengunduh aplikasi G-mail terlebih dahulu atau membukanya lewat browser yang tersedia pada smartphone
  2. Pada HP bisa cari menu setting atau pengaturan
  3. Cari ikon Google lalu akan muncul pilihan "Sign in" dan "Create new account" lalu pilih "Create new account"
  4. Isi nama depan, nama belakang, lalu pilih "berikutnya"
  5. Halaman selanjutnya akan muncul tanggal lahir dan jenis kelamin, setelah mengisi data ini tekan "berikutnya"
  6. Selanjutnya isi password atau kata sandi yang berfungsi sebagai pengaman akun
  7. Kemudian akan muncul kotak "Privacy and Terms", klik "Saya setuju" atau "I agree" pada kolom tersebut
  8. Setelah itu ada konfirmasi username dan password yang telah diisi sebelumnya, kemudian pilih "berikutnya"
  9. Selanjutnya akan muncul pilihan "pembayaran", calon pengguna bisa melewati hal ini dengan langsung pilih "berikutnya". Setelah itu akun akan berhasil terbuat.


Kelebihan akun G-mail

Dengan memiliki akun G-mail, ibaratnya Anda memiliki fasilitas pengorganisasian file dengan pengaturan yang sederhana namun punya banyak kelebihan. Berikut kelebihan dan manfaat menggunakan akun G-mail.

Ruang penyimpanan besar

Pengguna G-mail akan mendapatkan ruang penyimpanan (storage space) yang tersimpan di server Google dengan kapasitas cukup besar untuk menampung banyak file atau dokumen digital. Untuk pengguna personal, diberikan batas penyimpanan akun G-mail hingga 7GB.

Sementara akun G-mail bisnis, bisa mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 25GB. Tentu ini space yang sangat besar ketimbang server perusahaan atau hard drive biasa.

Dapat diakses di mana saja

G-mail dapat diakses di mana pun dan kapan pun selama tersambung dengan internet. Tentu ini jauh memudahkan pengguna daripada yang menggunakan layanan email berbasis server.

Selain itu, seluruh data yang masuk, baik itu e-mail, file berformat apa pun, dan jadwal acara semuanya tersimpan di cloud yang bakal selalu diakses kapan saja pengguna mau.

Murah

Untuk membuat akun G-mail personal, pengguna tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Bahkan tak ada beban biaya maintenance maupun berlangganan untuk keperluan jangka panjang.

Mudah disinkronisasi dengan platform lain

Akun G-mail dapat disinkronkan dengan MS Outlook maupun ponsel BlackBerry, Android, iPhone, atau platform media sosial yang biasa digunakan pelanggan. .

Menyimpan pesan instan dan video conference

Akun G-mail bisnis dapat mengintegrasikan fitur penyimpanan pesan dan obrolan video. Ini tentu memudahkan pengguna ketika untuk menyimpan hasil percakapan dengan klien atau rekan kerja yang bisa bermanfaat di masa mendatang.

Keamanan data terjamin

Akun Gmail didukung oleh koneksi yang terenkripsi SSL yang aman sehingga tidak ada yang bisa mengakses dokumen pengguna.

Itulah cara membuat akun G-mail melalui HP dan PC serta keunggulan menggunakan G-mail. Fitur dalam G-mail ini sederhana dan baik secara keseluruhan yang bisa menjadi pilihan untuk penyedia e-mail Anda.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]