Perbandingan Harga-Spesifikasi Laptop Pelajar vs Chromebook

CNN Indonesia | Jumat, 30/07/2021 13:29 WIB
Kemendikbudristek menganggarkan laptop pelajar dengan harga perunit Rp10 juta, padahal di pasaran laptop ini dijual di bawah Rp5 juta. Ilustrasi. Kemendikbudristek menganggarkan laptop pelajar dengan harga perunit Rp10 juta, padahal di pasaran laptop ini dijual di bawah Rp5 juta.(CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah lewat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemenbudristek) berencana melakukan program digitalisasi sekolah, di antaranya membagikan laptop merah putih untuk pelajar berjenis Chromebook.

Nadiem pada pekan lalu sudah menjelaskan bakal membeli alat-alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menggunakan anggaran Rp17,42 triliun sampai 2024.

Anggaran ini akan digunakan untk membeli alat-alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) hingga 2024 untuk program Digitalisasi Sekolah.
Alat-alat TIK yang hendak dibeli Kemendikbudristek antara lain, laptop, access point, konektor, layar proyektor, dan speaker aktif, hingga internet router.


Lalu Nadiem akan mengalokasikan anggaran Rp2,4 triliun sebagai dana alokasi khusus pendidikan tahun 2021 di tingkat provinsi dan daerah guna melakukan pembelian 240 ribu laptop.

Angka ini menimbulkan pertanyaan publik lantaran dengan demikian harga satu laptop yang akan disediakan Kemendikbud mencapai Rp10 juta.

Padahal, jika dilihat spesifikasinya, laptop yang akan sediakan oleh pemerintah itu berjenis Chromebook dengan kisaran harga kurang dari Rp5 juta.

Berikut spesifikasi laptop merah putih untuk pelajar yang akan disediakan Kemendikbud:

Memori standar terpasang: 4 GB DDR4
Harddrive: 32GB
Operating system: Chrome OS
Tipe prosesor core: 2, Frekuensi: > 1,1 GHz, Cache 1 M
USB port: dilengkapi dengan USB 3.0
Networking: WLAN adapter (IEEE 802.11ac/b/g/n)
Tipe grafis: High Definition (HD) integrated
Audio: integrated
Monitor: 11 inch LED
Daya/power: maksimum 50 wattan
Device management: ready to activated chrome education upgrade
Masa garansi: 1 tahun

Berikut deretan laptop pelajar yang memiliki harga dan spesifikasi tak jauh berbeda dengan laptop yang diberikan oleh Kemendikbudristek.

Dell Chromebook 3100 Education: Rp4,725 juta

Produsen lapop asal Amerika Serikat, Dell juga mengeluarkan laptop dengan spesifikasi yang tak kalah jauh dengan spesifikasi laptop Kemendikbudristek.

Dell Chromebook 3100 Education memiliki memori 4GB LPD DDR4 2400 MHz denga kapasitas penyimpanan 32GB eMMc, Networking Dual Band Wifi dan Bluetooth 5.0, dengan processor Intel Celeron N4020 Dual Core.

Pada tampilan layar memiliki ukuran 11,6 inci. Laptop ini juga disertai 4 port USB, 2 port Type C dan dua port USB 3.1. Dell Chromebook 3100 Education dibanderol dengan harga Rp4,725 juta dengan garansi 1 tahun.

Daftar Harga Chromebook HP, Asus, dan Lenovo

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK