Taktik Pinjol Ilegal, 5 Kali Ganti Aplikasi Kelabui Kominfo

CNN Indonesia
Jumat, 27 Agu 2021 06:39 WIB
Perusahaan pinjaman online ilegal punya taktik khusus buat menghindari pantauan pemerintah bahkan hingga berganti-ganti nama aplikasi. Ilustrasi. Perusahaan pinjaman online ilegal punya taktik khusus buat menghindari pantauan pemerintah bahkan hingga berganti-ganti nama aplikasi. (CNN Indonesia/Adi Maulana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salah satu mantan pegawai perusahaan pinjaman online (pinjol) ilegal membeberkan siasat perusahaan mencari jalan pintas jika diblokir penyedia aplikasi atau oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Di antaranya dengan mengganti nama aplikasi.

Roger (bukan nama sebenarnya) merupakan salah satu karyawan yang sempat bekerja di divisi penagihan via telepon pada perusahaan pinjol ilegal selama tiga bulan. Selama dia bekerja, kantor tempatnya bekerja kerap berganti nama sebanyak lima kali.

"Pinjol ini namanya ganti-ganti karena ilegal, beberapa kali kena blokir di PlayStore. Waktu saya kerja 3 bulan saja bisa ganti nama 5 kali," ujar Roger kepada CNNIndonesia.com lewat sambungan telepon, Rabu (25/8).

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk memberikan informasi terbaru kepada peminjam uang, maka pihaknya akan memberikan tautan unduhan yang dapat diunduh para nasabahnya tanpa melalui toko aplikasi PlayStore. Sebab aplikasi itu tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan lembaga terkait.

Roger juga mengungkap perubahan nama perusahaan pinjol ilegal tempatnya bekerja, di antaranya Now Rupiah, Dompet Angin, Rupiah Now, dan Rupiah Cepat.

Selain itu ia juga mengatakan perusahaan pinjol ilegal dapat mengkases seluruh kontak yang ada di ponsel pengguna, memeriksa pesan sms, hingga melihat riwayat telepon dalam waktu tiga bulan ke belakang.

Roger menjelaskan ketika pengguna menginstal aplikasi pinjol ilegal di ponsel, maka pengguna akan diminta apakah menyetujui aplikasi untuk mengakses pesan singkat (SMS) dan kontak telepon.

Jika pengguna mengizinkan, praktis ponsel itu jadi sasaran empuk pinjol untuk mengakses dan mengambil kontak yang tertera di ponsel. Namun Roger mengaku akses itu tidak bisa menjangkau aplikasi lain yang ada di ponsel.

"Jadi biasanya itu [aplikasi] pinjol ilegal kalau selesai download mereka dihadapkan pertanyaan perizinan. Kalau kita udah klik izinkan, itu pinjol ilegal udah bisa akses kontak, SMS,dan apapun yang ada di hp, kecuali aplikasi seperti Whatsapp," ujarnya.

Taktik Pinjol Ilegal, 5 Kali Ganti Aplikasi Kelabui Kominfo

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER