101 SAINS

Alasan Bulan Menjauhi Bumi dan Dampaknya Bagi Manusia

CNN Indonesia
Sabtu, 16 Oct 2021 08:29 WIB
Menurut penelitian jarak Bulan ke Bumi saat ini 402.336 km, itu 17 kali lebih jauh saat Bulan pertama kali terbentuk. Bumi (iStockphoto/robertsrob)

Jika putaran Bumi berubah, dan Bumi menjadi tidak stabil, maka bagian-bagian dunia dapat mengalami perubahan suhu yang jauh lebih besar daripada yang biasa kita alami sepanjang tahun. Dengan suhu Arktik yang membeku di musim dingin diikuti dengan suhu yang sangat panas di musim panas.

Sebagai manusia, kita memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan lokal untuk memenuhi kebutuhan. Namun begitu kemungkinan besar manusia akan bisa selamat dari perubahan cuaca besar-besaran ini.

Sayangnya sebagian besar hewan tidak begitu mudah beradaptasi. Jika perubahan ini terjadi dengan cepat karena putaran planet yang tidak stabil, maka sebagian besar hewan disebut tak akan mampu berevolusi dengan cukup cepat untuk berhibernasi atau bermigrasi keluar dari bahaya.


Umat manusia memiliki sedikit rasa takut saat ini. Pada saat perubahan terjadi, manusia bahkan mungkin telah menghasilkan teknologi yang dapat mempercepat rotasi Bumi atau membawa kita ke planet lain yang dapat ditinggali di planet yang berbeda.

(can/fea)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER