Pemberantasan Korupsi

JK dan Empat Menteri Dipanggil KPK Hari Ini

Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Selasa, 02/12/2014 07:01 WIB
JK dan Empat Menteri Dipanggil KPK Hari Ini Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. (detikfoto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi dijadwalkan akan memanggil Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan empat orang menteri Kabinet Kerja yaitu Menteri ESDM Sudirman Said, Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan hari ini, (2/12).

Lima orang pejabat negara tersebut dipanggil KPK ke Gedung Balai Kartini, Jakarta bukan untuk memberikan keterangan sebagai saksi dalam suatu kasus korupsi, namun sebagai pembicara dalam Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK) yang kembali digelar tahun ini.

KPK secara rutin menyelenggarakan KNPK sejak pertama kali mengadakannya pada 2006 lalu. Konferensi tahun ini mengambil tema ‘Peningkatan Transparansi dan Partisipasi dalam Pencegahan Korupsi’.


Acara KNPK digelar mulai pukul 08.30 sampai 15.00 WIB dengan diawali kata sambutan oleh Ketua KPK Abraham Samad sebagai tuan rumah dan arahan dari JK. Setelah itu berturut-turut para menteri Kabinet Kerja akan menjadi pemateri konferensi tersebut. Selain empat orang menteri, KNPK juga menampilkan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Walikota Ambon Richard Louhenapessy.