Miliuner Indonesia

Empat Taipan Baru dalam Daftar Orang Terkaya di Indonesia

Agust Supriadi, CNN Indonesia | Kamis, 04/12/2014 08:47 WIB
Empat Taipan Baru dalam Daftar Orang Terkaya di Indonesia Direktur Utama Blue Bird Grup H. Purnomo Prawiro (batik biru) menguji coba Electronic Data Capture (EDC) di gedung Bank Mandiri, Jakarta, Senin (05/05/2014). Dengan kerjasama ini memudahkan para penumpang Taksi Blue Bird untuk membayar argo dengan menggunakan kartu debit maupun kartu kredit Bank Mandiri. Purnomo masuk ke daftar peringkat orang terkaya Indonesia 2014 versi majalah Forbes. (detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta, CNN Indonesia -- Majalah Forbes memasukan empat nama baru dalam dalam daftar orang terkaya di Indonesia tahun ini. Pendatang baru tersebut adalah Husodo Angkosubroto, Purnomo Prawiro, Abdul Rasyid, dan Irwan Hidayat.

Seperti dikutip dari situs resmi Forbes, Husodo Angkosubroto tercatat sebagai Direktur Utama Gunung Sewu Group, perusahaan nasional yang bergerak di bidang properti, agribisnis, barang konsumsi, asuransi, dan tambang batubara. Dia merangsek ke posisi 23 daftar orang paling kaya di Indonesia, dengan jumlah harta sebesar US$ 1,45 miliar atau Rp 17,86 triliun.

Berikutnya adalah Purnomo Prawiro, yang merupakan Presiden Direktur PT Blue Bird Tbk dengan jumlah kekayaan sebesar US$ 1,3 miliar atau hampir Rp 16 triliun. Setelah lama menunggu, perusahaan taksi terbesar di Indonesia itu akhirnya melepas saham perdananya ke publik (IPO) dan berhasil meraup dana sebesar Rp 2,44 triliun pada November lalu. Hal itu sekaligus mengantarkan Purnomo masuk dalam dalam deretan orang terkaya di Indonesia peringkat ke-25.

Nama berikutnya adalah Abdul Rasyid, pendiri perusahaan Sawit Sumber Mas Sarana. Juragan kayu itu memiliki kekayaan US$ 805 juta atau Rp 9,9 triliun dan menempatkannya di peringkat 41 orangterkaya di Indonesia.


Pendatang baru terakhir adalah Irwan Hidayat, pendiri PT Sido Muncul, dengan total kekayaan sebesar US$ 660 juta atau Rp 8,13 triliun. Pemilik perusahaan jamu tradisional itu masuk deretan orang terkaya nomor 44.