Miliuner Indonesia

Empat Pengusaha Terdepak dari Daftar Miliuner 2014

Agust Supriadi, CNN Indonesia | Kamis, 04/12/2014 07:51 WIB
Empat Pengusaha Terdepak dari Daftar Miliuner 2014 Kiki Barki, pemilik perusahaan tambang batubara PT Harum Energy tbk, sempat menduduki peringkat 43 orang terkaya tahun lalu dengan nilai kekayaan US$ 670 juta. Namanya menghilang dari daftar orang kaya Indonesia seiring dengan kejatuhan harga batubara. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Munculnya empat nama baru dalam daftar orang terkaya di Indonesia pada 2014, secara otomatis mendepak empat nama pebisnis yang sempat berjaya pada tahun lalu.

Mengacu pada daftar orang terkaya Indonesia tahun lalu, empat nama pebisnis yang tidak tercantum pada rilis terbaru Majalah Forbes tahun ini adalah Kiki Barki, Winato Kartono, Sandiaga Salahuddin Uno, dan Sutjipto Nagaria.

Kiki Barki, pemilik perusahaan tambang batubara PT Harum Energy tbk, sempat menduduki peringkat 43 orang terkaya pada tahun lalu dengan nilai kekayaan sebesar US$ 670 juta. Namanya kemudian meredup dari daftar orang terkaya di Indonesia seiring dengan kejatuhan harga batubara di pasar dunia.


Dengan harta kekayaan sebesar US$ 590 juta pada tahun lalu, Winato Kartono sempat bertengger di peringkat 46 orang terkaya di Indonesia. Nama pendiri Provident Capital Indonesia itu kini tak lagi masuk dalam deretan konglomerat tersubur pada tahun ini.

Selain dua orang tersebut, pengusaha muda Sandiaga Salahuddin Uno juga terdepak dari daftar Forbes tahun ini. Bos Saratoga Capital ini pernah didaulat jadi orang terkaya di Indonesia urutan ke-47, dengan nilai kekayaan US$ 460 juta pada tahun lalu.

Terakhir adalah pengusaha properti Sutjipto Nagaria. Pemilik Summarecon Group ini berada di peringkat 50 orang terkaya pada tahun lalu, dengan kekayaan sebesar US$ 390 juta. Posisinya tahun ini digantikan oleh rival bisnisnya, Trihatma Haliman, pemilik Grup Agung Podomoro.

(Baca juga: Forbes Rilis 50 Orang Paling Kaya di Indonesia Tahun Ini dan Bisnis Rokok dan Bank Masih Topang Kekayaan Miliuner RI)