Bidik Rp 14,3 Triliun, Jakarta Great Sale Digelar 6 Juni

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Jumat, 10/04/2015 20:14 WIB
Bidik Rp 14,3 Triliun, Jakarta Great Sale Digelar 6 Juni Ilustrasi Jakarta Great Sale. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar program tahunan Festival Jakarta Great Sale 2015 (FJGS) dalam rangka menyambut perayaan HUT ibu kota negara ke-488. Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta kembali dipercaya sebagai pelaksana perhelatan ini untuk ke-tujuh kalinya.

"Tentunya kegiatan ini akan melibatkan banyak bisnis dari mulai pengusaha pusat belanja, peritel dan UKM (Usaha Kecil Menengah) tentu akan terlibat," ungkap Ketua Pelaksana FJGS 2015 Ellen Hidayat dalam acara jamuan makan malam bersama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota Jakarta, Jumat (10/4).

Ellen berharap FJGS dapat menjadi ikon belanja Jakarta dan Indonesia yang mengundang tak hanya wisatawan lokal tetapi juga warga negara tetangga.


Mengambil tema "Jakarta Smart City, Smart Shopping" FJGS 2015 berlangsung dari 6 Juni-12 Juli dan diikuti oleh 78 pusat perbelanjaan di Jakarta.

"Selain potongan harga dan promo-promo menarik dalam FJGS ini maka para shoppers akan merasa puas dengan produk-produk berkualitas bagus, model yang up to date dan dengan harga yang bersaing," tambah Ellen yang juga Ketua APPBI DPD DKI Jakarta.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini, 10 pasar tradisional (PD Pasar Jaya) juga akan memberikan diskon kebutuhan sembilan barang pokok (sembako).

Bidik Rp 14,3 Triliun

Diharapkan, tahun ini transaksi yang terjadi dapat mencapai Rp 14,3 triliun atau meningkat 10 persen dari total transaksi tahun lalu yang mencapai Rp 13 triliun. Hal tersebut didukung oleh periode pelaksanaan FJGS yang bersamaan dengan masa liburan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Seperti tahun-tahun sebelumnya FJGS 2015 ini akan memberikan program belanja berhadiah melalui "FJGS Shopper Card" yang berlangsung dari 6 Juni -7 Juli 2015. Pengundian FJGS Shopper Card 2015 akan digelar di Senayan City pada 8 Juli.

Selain itu, dalam ajang pesta diskon ini juga akan dimeriahkan dengan Midnight Shopping secara serentak di 16 pusat belanja di Jakarta pada 19-20 Juni dan 26-27 Juni. Penawaran diskon hingga 70 persen bagi brand-brand ternama dapat ditemukan selama program ini berlangsung.

Dengan adanya penawaran ini akan meningkatkan jumlah pengunjung mal sebanyak 20 persen sekaligus meningkatkan pendapatan pajak daerah.

Pembukaan dan penutupan FJGS akan dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta pada 6 Juni di Baywalk Mall yang dimeriahkan dengan pesta kembang api. Selain itu, akan ada gelaran fashion show dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda) DKI Jakarta dan memperkenalkan motif batik Flora dan Fauna serta program sosial donor darah di berbagai pusat belanja. Sementara itu, penutupan kegiatan akan dilaksanakan di Street Gallery Pondok Indah Mall. (gen)