Presiden Resmikan Jalur Tol Terpanjang di Indonesia

Resty Armenia, CNN Indonesia | Sabtu, 13/06/2015 12:24 WIB
Presiden Resmikan Jalur Tol Terpanjang di Indonesia Ruas tol Cikopo Palimanan. (Detikcom/Elza Astari Retaduari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo hari ini (13/6) meresmikan beroperasinya ruas jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 116 km. Ini merupakan jalan tol terpanjang di Tanah Air.

Beroperasinya jalan tol Cikopo-Palimanan ini akan mengurangi jarak tempuh sekitar 40 km dari jalur biasa di Pantai Utara (Pantura) Jawa. Diharapkan, dibukanya jalur ini akan memperlancar arus mudik tahun ini.

“Ini tentu memberikan andil yang signifikan dalam memperlancar arus pergerakan orang, barang, dan jasa, khususnya pada jalur Pantura sehingga menekan biaya transportasi dan memicu pertumbuhan ekonomi,” kata Presiden dalam keterangan resmi.

Menurut Presiden, pengelola jalan tol Cikopo-Palimanan wajib memenuhi standar pelayanan. Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga harus memonitor dan membantu jika ada permasalahan dalam pengoperasian tol ini agar pengguna merasa aman dan nyaman saat berkendara.


Tol Cipali ini merupakan bagian dari program infrastruktur prioritas 1.000 kilometer jalan tol yang dicanangkan dalam kurun waktu 2015-2019.

Pembangunan tol ini sebetulnya sudah dimulai sejak pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono pada 2011. Total investasi yang dikeluarkan untuk pembangunan jalan tol yang menghubungkan Cikopo di Purwakarta dan Palimanan, Jawa Barat, ini mencapai Rp 12,56 triliun.

Proyek tol ini dimulai dengan ground breaking oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto pada 8 Desember 2011. Pembangunannya dilaksanakan oleh PT Lintas Marga Sedaya dan masa konsesi 35 tahun. Adapun pekerjaan konstruksi dilaksanakan oleh Konsorsium PT Karabha Griyamandiri - PT Nusa Raya Cipta Joint Operation (KGNRC JO).

Luas tanah yang diperlukan untuk merealisasikan jalan tol ini sekitar 1.080,69 hektare dan terbagi menjadi enam seksi, yaitu:
- Seksi I, Cikopo-Kalijati (29.12 kilometer)
- Seksi II, Kalijati-Subang (9.56 kilometer)
- Seksi III, Subang-Cikedung (31.37 kilometer)
- Seksi IV, Cikedung-Kertajati (17.66 kilometer)
- Seksi V, Kertajati-Sumberjaya (14.51 kilometer)
- Seksi VI, Sumberjaya-Palimanan (14.53 kilometer) (ded/ded)