Erwin Riyanto Dilantik jadi Deputi Gubernur BI Baru

Elisa Valenta Sari, CNN Indonesia | Rabu, 17/06/2015 11:53 WIB
Erwin Riyanto Dilantik jadi Deputi Gubernur BI Baru Mahkamah Agung melantik Erwin Riyanto sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) yang menggantikan posisi Halim Alamsyah yang masa jabatannya habis Juni ini, Jakarta, Rabu (17/6). (CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mahkamah Agung melantik Erwin Riyanto sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) menggantikan posisi Halim Alamsyah yang masa jabatannya telah habis Juni 2015 ini. Pengangkatan Erwin dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

"Berdasarakan surat keputusan Presiden Indonesia Nomor 39/P/2015 tanggal 6 Mei 2015 Saudara Erwin Riyanto telah diangkat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia," ucap Hatta membacakan surat pengangkatan di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Rabu (17/6).

Sebelum menjabat sebagai Deputi Gubernur, Erwin pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Surveillance Sistem Keuangan BI. Erwin merupakan sarjana ekonomi dari Universitas Gadjah Mada. Kemudian pada 1989, Erwin menyelesaikan pendidikan S2 ekonomi di University of Illinois, Amerika Serikat.


Erwin bisa diangkat menjadi Deputi Gubernur BI setelah lolos uji kelayakan dan kepatutan yang diselenggarakan oleh Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat dan kemudian disahkan dalam Sidang Paripurna.

Ia maju menjadi kandidat Deputi Gubernur BI bersama Dody Budi Waluyo dan Hendy Sulistiowati. Erwin mendapat 42 suara. Sementara pesaingnya yakni Dody Budi Waluyo mendapat 5 suara dan Hendy Sulistiowati hanya 2 suara. Sedangkan 4 suara dinyatakan tidak sah.

Dengan diangkatnya Erwin sebagai deputi Gubernur BI yang baru maka jajaran Dewan Gubernur BI ada enam orang yaitu Gubernur BI yang dijabat oleh Agus D.W. Martowardojo, Deputi Gubernur Senior BI yang dijabat oleh Mirza Adityaswara dan Deputi Gubernur BI yang dijabat oleh Ronald Waas, Perry Warjiyo, Hendar dan Erwin Riyanto. (gen)