Bea Masuk Naik, Importir Porsche Naikkan Harga Jual 10 Persen

Galih Gumelar & Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Jumat, 21/08/2015 11:01 WIB
Bea Masuk Naik, Importir Porsche Naikkan Harga Jual 10 Persen Mobil sport premium Porsche Cayman GT4 tengah dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 (GIIAS 2015), Indonesia Convention Exhibition (ICE) -BSD City, Tangerang, Kamis (20/8). (CNN Indonesia/Safyra Primadhyta)
Tangerang, CNN Indonesia -- Importir mobil premium, PT Eurokars Artha Utama, terpaksa menaikkan harga jual mobil Porsche secara bertahap hingga 10 persen sesuai dengan kenaikan tarif bea masuk.

Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 132/PMK.010/2015 tentang Penetapan Sistem Klasifikasi Barang dan Pembebanan Tarif Bea Masuk atas Barang Impor, bea masuk kendaraan bermotor yang diimpor secara utuh (completly built up/CBU) naik 10 persen, dari yang sebelumnya 40 persen menjadi 50 persen.

“Informasi itu baru diterima kurang lebih bulan lalu. Jadi kita semenjak (PMK 132/2015) diresmikan oleh pemerintah, kita langsung secara bertahap menaikkan persentase (harga jual) sampai dengan 10 persen. Sekarang sudah mulai sedikit naik,“ tutur Public Relation and Media Porsche Centre Indonesia, Salman Farouk Al Hakim ketika ditemui di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 (GIIAS 2015), Indonesia Convention Exhibition (ICE) - BSD City, Tangerang, Kamis (20/8).


Menurut Salman, tidak bisa dipungkiri bahwa kenaikan harga tersebut berkontribusi negatif pada penjualan Porsche pada tahun ini. Terlebih, kondisi perekonomian global dan domestik juga tengah melemah.

Salman memperkirakan penjualan Porsche di Indonesia pada tahun ini lebih rendah 30 persen dari target yang telah ditentukan di awal tahun. Sayangnya, Salman enggan menyebutkan angka pasti target dan volume penjualan yang turun.

“Tapi kalau bisa dibilang dari target (penjualan) yang sudah ditentukan untuk tahun ini, kita mengalami penurunan kurang lebih 30 persen,” kata Salman.

Namun demikian, Salman tetap optimistis penjualan Porsche di Tanah Air pada tahun ini paling tidak akan sama dengan tahun lalu. Hal itu didukung oleh strategi pemasaran Porsche dengan mengikuti ajang GIIAS 2015.

Di acara yang berlangsung dari tanggal 20-30 Agustus 2015 ini, Porsche memamerkan seluruh line-up produk mobil sports car premiumnya antara lain Panamera S, Macan, Boxster, Boxster Black Edition, Cayenne GTS dan dua mobil seri Porsche terbaru yang diperkenalkan ke pasar Indonesia, 911 GT3 RS dan Cayman GT4.

“Kami percaya ekonomi di Indonesia akan membaik sehingga kita tetap optimis untuk terus menawarkan terus produk kami ke customer di Indonesia,” ujarnya.

Selanjutnya, bulan depan Porsche juga akan menggelar roadshow untuk memberikan kesempatan pelanggan menjajal 22 tipe mobil Porsche secara langsung.
 
"Roadshow itu merupakan salah satu strategi kita untuk mendorong marketing dan brand awareness customer di Indonesia dan juga untuk menjaga kepercayaan terhadap brand Porsche di Indonesia,” kata Salman. (ags/ags)