Pemerintah Minta Pertamina Kaji Efisiensi Biaya Produksi BBM

Resty Armenia | CNN Indonesia
Senin, 05 Okt 2015 20:48 WIB
Menteri ESDM Sudirman Said menegaskan pemerintah akan berupaya menemukan harga terbaik BBM yang dijual Pertamina pada pekan ini. Menteri ESDM Sudirman Said menegaskan pemerintah akan berupaya menemukan harga terbaik BBM yang dijual Pertamina pada pekan ini. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah meminta manajemen PT Pertamina (Persero) melakukan inventarisir peluang untuk menekan biaya produksi bahan bakar minyak (BBM) sehingga harga keekonomiannya bisa lebih rendah dari saat ini. Hal tersebut menjadi salah satu keputusan rapat terbatas sektor keekonomian yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di kantornya, malam ini (5/10).

“Presiden meminta dikaji terus harga BBM, bagaimana caranya agar masyarakat terbantu. Pertamina diminta terus mencari ruang efisiensi,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said usai mengikuti rapat.

Mantan Direktur Utama PT Pindad (Persero) menegaskan, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) terus diminta memimpin pembahasan harga BBM dengan manajemen Pertamina untuk menemukan opsi terbaik dari penurunan harga yang diinstruksikan Jokowi.


“Kan trus tiap hari kita diskusi. Mereka ada solusi apa kita diskusikan. Masih ada beberapa hari kan untuk menfinalkan,” jelas Sudirman.

Salah satu efisiensi yang bisa dilakukan oleh Pertamina menurutnya adalah dari sisi rantai pasokan, serta mengelola penyusutan yang terjadi dalam proses produksi.

“Karena indikator seperti kurs, ICP, MOPS, dan sebagainya itu tidak bisa dihemat. Pokoknya pemerintah akan mencari hasil terbaik atas harga BBM ini,” tegasnya. (gen/gen)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER