Enam Tol Baru Siap Digunakan Pemudik Tahun Ini

Gentur Putro Jati, CNN Indonesia | Selasa, 07/06/2016 20:10 WIB
Untuk membantu mengurai kemacetan selama arus mudik dan balik, pemerintah juga telah menginstruksikan dilakukannya integrasi sistem pembayaran tol. Untuk membantu mengurai kemacetan selama arus mudik dan balik, pemerintah juga telah menginstruksikan dilakukannya integrasi sistem pembayaran tol. (ANTARA FOTO/Tommy Saputra).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah memastikan enam ruas tol baru siap digunakan pemudik tahun ini yang semuanya berada di Pulau Jawa.

Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Keterpaduan Pembangunan Danis H Sumadilaga mengatakan, enam ruas tol baru tersebut adalah Pejagan - Brebes Timur sepanjang 26 kilometer (km), Surabaya - Mojokerto 18 km, Kertosono - Mojokerto 5 km.

Selain mulai mengoperasikan tiga tol baru, pemerintah juga mulai memfungsikan beberapa ruas tol yang belum selesai sempurna untuk membantu kelancaran lalu lintas. Diantaranya tol Bawen - Salatiga sepanjang 17,57 km, Solo - Kertosono sepanjang 10 km, dan juga Gempol- Pasuruan (Rembang) sepanjang 13 km.


“Tahun lalu ruas tol Pejagan - Brebes Timur hanya dibuka sementara untuk mudik namun tahun ini akan beroperasi,” tutur Danis dalam laman Kementerian PUPR, dikutip Selasa (7/6).

Untuk membantu mengurai kemacetan lalu lintas selama arus mudik dan arus balik, pemerintah juga telah menginstruksikan dilakukannya integrasi sistem pembayaran tol, baik tunai maupun non-tunai, pada ruas Jalan Tol Cikopo - Palimanan.

Pemerintah telah menargetkan integrasi tersebut harus sudah terselenggara sebelum 13 Juni 2016, agar arus mudik Lebaran 2016 bisa lebih lancar. (gen)