Harga Pertamax, Pertalite, dan Dexlite Naik Rp150 per Liter

Galih Gumelar, CNN Indonesia | Jumat, 16/12/2016 08:48 WIB
Penyesuaian harga Bahan Bakar Khusus (BBK) ini murni aksi korporasi Pertamina dalam menindaklanjuti perkembangan harga indeks gasoline. Penyesuaian harga Bahan Bakar Khusus (BBK) ini murni aksi korporasi Pertamina dalam menindaklanjuti perkembangan harga indeks gasoline. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga Pertamax, Pertalite, dan Dexlite dengan mengerek harga sebesar Rp150 per liter mulai tanggal 16 Desember 2016 pukul 00.00 WIB.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, penyesuaian harga Bahan Bakar Khusus (BBK) ini murni aksi korporasi Pertamina dalam menindaklanjuti perkembangan harga indeks gasoline pada Desember 2016. Di sisi lain, nilai tukar rupiah juga ikut melemah 0,7 persen di saat yang bersamaan.

"Penyesuaian dilakukan terhadap Pertamax, Pertalite, dan Dexlite yang nilainya sebesar Rp150 per liter berlaku untuk seluruh wilayah," ujar Wianda, Jumat (16/12).


Ia mencontohkan, untuk wilayah DKI Jakarta, harga Pertamax naik menjadi Rp7.750 per liter. Sementara, untuk Pertalite dan Dexlite, harganya masing-masing dipatok Rp7.050 per liter dan Rp6.900 per liter.

Kendati demikian, ia menegaskan bahwa Pertamax Plus, Pertamax Turbo, dan Pertamina Dex tidak mengalami perubahan harga. "Kami akan tetap mempertahankan tingkat daya saing produk-produk Pertamina, baik terkait kualitas maupun harga," jelas Wianda.

Lebih lanjut ia mengaku, mengapresiasi konsumen Pertamina yang setia dengan varian Bahan Bakar Minyak (BBM) baru Pertamina. Menurutnya, angka konsumsi Pertalite dan Pertamax kini masing-masing telah mencapai 32 persen dan 19 persen terhadap total konsumsi BBM. Sementara, Premium kini angkanya telah turun ke angka 45 persen.

"Tentu saja, kami sangat berterimakasih atas kepercayaan konsumen yang begitu tinggi terhadap produk-produk Pertamina," imbuh Wianda.

Sebelumnya, bulan lalu, Pertamina juga menyesuaikan harga Pertamax dan Pertamax Plus sebesar Rp250 per liter seiring pergerakan harga minyak dunia. (bir/bir)