UangTeman Incar Salurkan Pembiayaan Rp6 M di Yogyakarta

Galih Gumelar, CNN Indonesia | Sabtu, 01/04/2017 10:54 WIB
UangTeman Incar Salurkan Pembiayaan Rp6 M di Yogyakarta Penyaluran itu bisa didorong oleh kegiatan Usaha Kecil Menengah (UKM). Selama ini, sektor UKM di Yogyakarta dan Jawa Tengah cukup bergeliat. (CNN Indonesia/Galih Gumelar).
Yogyakarta, CNN Indonesia -- PT Digital Alpha Indonesia melalui layanan keuangan pinjam meminjam berbasis daring (fintech) mikro UangTeman.com berharap bisa menyalurkan pembiayaan sebesar Rp6 miliar di Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang tahun ini. Angka ini berkisar 6 persen dari total target penyaluran pinjaman perusahaan di seluruh Indonesia sebesar Rp100 miliar di tahun ini.

Direktur Pemasaran dan Komunikasi UangTeman Donna Arifin mengatakan, penyaluran itu bisa didorong oleh kegiatan Usaha Kecil Menengah (UKM). Selama ini, sektor UKM di Yogyakarta dan Jawa Tengah cukup bergeliat. Sayangnya, akses pelaku usaha UKM ke fasilitas perbankan masih belum optimal.

Mengacu pada data Bank Indonesia (BI) per Januari 2017, ia menyebutkan, pertumbuhan kredit UKM di Jawa Tengah tercatat hanya 10,97 persen. Padahal, pertumbuhan kredit UKM di periode yang sama tahun sebelumnya mencapai 12,62 persen.


Untuk itu, ia optimistis, UangTeman bisa masuk ke segmen pembiayaan UKM yang belum terjamah perbankan. "Dengan adanya UangTeman tentu bisa berkontribusi terhadap percepatan bisnis UKM di Jawa Tengah dan Yogyakarta," ujarnya di Yogyakarta, Jumat (31/3).

Ia meyakini bahwa target itu bisa tercapai setelah melihat data pelanggan UangTeman di Yogyakarta yang telah mencapai 1.000 nasabah. Selain itu, jumlah akses ke jaringan situs UangTeman.com dari Yogyakarta telah menembus angka 60 ribu kunjungan.

"Apalagi, Yogyakarta adalah salah satu lokasi ekspansi pertama di luar Jakarta yang kami lakukan. Sejauh ini, kami lihat animo di Yogyakarta cukup baik," ungkapnya.

Melihat potensi tersebut, tak heran jika perusahaan menaruh harapan tinggi dari kota gudeg ini. Namun, selain Yogyakarta, perusahaan juga mematok target penyaluran pinjaman yang tinggi kepada Semarang dengan angka Rp6 miliar di tahun ini.
Kedua kota tersebut menjadi tulang punggung bagi capaian penyaluran kredit di wilayah Jawa Tengah yang ditargetkan sebesar Rp20 miliar pada tahun ini.

"Kami sungguh berharap, nantinya penyaluran pinjaman di Jawa Tengah dan Yogyakarta bisa terus meningkat," paparnya.

Sebagai informasi, UangTeman telah menyalurkan pinjaman sebesar US$2,5 juta kepada 5 ribu nasabah sejak beroperasi di 2015 silam. Sebanyak 30 persen dari tujuan penggunaan dana dimanfaatkan oleh sektor UKM.

Sementara itu, sebanyak 20 persen dari pengunaan dana dimanfaatkan untuk pendidikan, 25 persen dimanfaatkan untuk pembiayaan kesehatan, dan 20 persen sisanya dimanfaatakan untuk kegiatan konsumsi nasabah.