Bandara Kertajati Ditargetkan Beroperasi April 2018

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Minggu, 26/11/2017 14:30 WIB
Bandara Kertajati Ditargetkan Beroperasi April 2018 Pembangunan bandara Kertajati ditargetkan rampung dan beroperasi pada April 2018. (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bandara Internasional di kawasan Kertajati, Kabupaten Majalengka ditargetkan beroperasi pada April 2018.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengaku optimis pembangunan bandara Kertajati bisa rampung dan beroperasi sesuai target.

"Jika beroperasi betul-betul nanti, ini bisa menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia dan khususnya Jawa Barat," ujar Aher seperti dilaporkan Antara, Minggu (26/11).


Aher menuturkan, nantinya bandara Kertajati akan menjadi bandara internasional yang dilengkapi kawasan aerocity.

Senada, Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengaku optimis jika melihat kemajuan pembangunan bandara Kertajati. Ia mengaku yakin pada 2018 nanti langit Majalengka akan dihiasi lalu lintas udara penerbangan domestik dan internasional.

"Dinamika yang luar biasa, manis asam pahit di BIJB dan sampai Alhamdulillah sekarang bisa mencapai konstruksi 70 persen dengan target operasi pada tanggal 1 April 2018," ujar Virda.

Jika berjalan sesuai rencana, pembangunan bandara akan memakan waktu tiga tahun lima bulan dari pendirian ke pengoperasian.

Sejauh ini, pembangunan dari sisi darat (akses jalan, terminal utama, dan bangunan penunjang) yang dilaksanakan PT BIJB dan sisi udara yang dibangun pemerintah pusat masih dalam koridor dan rencana.

Meski terjadi banyak dinamika tapi diakui Virda, komitmen pemerintah pusat dan provinsi untuk mewujudkan hadirnya bandara tersebut cukup kuat.

"Awalnya banyak yang meragukan bandara ini bisa dibangun bahkan bisa beroperasi. Tapi bandara ini masuk dalam Perpres proyek strategis nasional sekarang banyak yang memberikan dukungan," lanjut Virda.

Ia menambahkan, nantinya bandara akan terhubung dengan kereta cepat, pusat logistik, konektivitas dengan pelabuhan, kereta semi cepat Jakarta - Surabaya. Lebih jauh, ia menargetkan kehadiran bandara Kertajaya bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning). (evn/evn)