Pemerintah Bentuk Pokja Khusus 'Eksekusi' Perpres e-Commerce

Safyra Primadhyta, CNN Indonesia | Jumat, 08/12/2017 09:57 WIB
Pemerintah Bentuk Pokja Khusus 'Eksekusi' Perpres e-Commerce Dengan pembentukan pokja, pemerintah berharap tindak lanjut pemerintah atas Perpres 74/2017 terkait peta jalan e-commerce bisa lebih fokus dan terarah. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah membentuk kelompok kerja (pokja) khusus untuk memperkuat pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (SPNBE) Tahun 2017-2019.

"Pokja fokus pada tiga hal. Pertama, terkait dengan perdagangan. Kedua, terkait dengan infrastruktur, teknologi, termasuk platformnya. Ketiga, fokusnya yang berkaitan dengan masalah sistem pembayaran dan soal pajak," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara usai menghadiri rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kamis (12/7).

Rudiantara mengungkapkan, pokja tersebut dibentuk oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution selaku Ketua Komite Pengarah Peta Jalan SPNBE 2017-2019 hari ini.

Dengan pembentukan pokja, pemerintah berharap tindak lanjut pemerintah atas Perpres 74/2017 bisa lebih fokus dan terarah.

Pernyataan Rudiantara beralasan, pasalnya target penyelesaian program peta jalan e-commerce yang tertuang dalam Perpres 74/2017 masih ada yang molor.


Pendanaa dan skema pembiayaan-pinjaman, serta tata cara dan pedoman penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disesuaikan dengan model bisnis e-commerce misalnya, harusnya selesai Oktober lalu. Namun, hingga kini, belum ada kejelasannya. (agi/agi)