Jokowi: Kondisi Perekonomian Indonesia Sehat

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Jumat, 05/01/2018 15:35 WIB
Jokowi: Kondisi Perekonomian Indonesia Sehat Presiden Jokowi menginstruksikan seluruh menteri bidang ekonomi untuk mencari tahu penyebab perekonomian Indonesia bergerak lambat. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengisyaratkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia belum bergerak cepat. Bahkan, ia mengibaratkan, perekonomian Indonesia dengan berbagai macam jenis penyakit.

“(Kalau) diibaratkan dengan orang sakit, kita ini baik semuanya. Kolesterol baik, jantung baik, paru-paru baik, darah tinggi juga tidak ada. Tapi kok enggak bisa lari cepat?” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jumat (6/1).

Hal itu disampaikannya dalam rapat terbatas mengenai perdagangan dan investasi bersama sejumlah menteri perekonomian, seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Kepala BKPM Thomas Lembong.


Jokowi menginstruksikan seluruh pembantunya bekerja keras untuk mencari tahu penyebab perekonomian Indonesia bergerak lambat.

Pasalnya, perekonomian Indonesia tengah menjadi sorotan dan menerima kepercayaan internasional, seperti peningkatan peringkat ease of doing business dari 120 ke 72 dan Standard and Poor’s, termasuk Fitch Rating.

Jokowi menekankan, tahun ini, pemerintah akan fokus pada investasi dan perdagangan luar negeri dalam bidang industri, ESDM, kesehatan, pendidikan, pertahanan, pertanian, serta kelautan dan perikanan.

“Semua harus satu, satu arah. Sehingga, problem produk yang dihadapi di lapangan itu betul-betul bisa kami tangani dengan baik,” tutur dia. (bir)