Jokowi Minta Koperasi Melek Teknologi

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Kamis, 12/07/2018 15:27 WIB
Jokowi Minta Koperasi Melek Teknologi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta koperasi belajar dan melek teknologi agar bisa mendunia. (CNN Indonesia/Christie Stefanie).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin koperasi di Indonesia mendunia. Agar keinginan tersebut bisa terwujud, ia minta koperasi di Indonesia mencontoh koperasi terbaik di dunia.

Jokowi mengatakan ada satu koperasi yang bisa dicontoh, Fonterra di Selandia Baru. Koperasi ini dikelola oleh 10.500 petani di negeri tersebut.

Koperasi yang fokus di bidang susu dan produk olahan susu tersebut saat ini sudah beromzet Rp165 triliun.


Saat ini, koperasi tersebut telah menguasai 30 persen pasar ekspor susu dan produk olahan susu di dunia.


"Penting belajar dari koperasi terbaik di dunia seperti itu," katanya dalam Peringatan Hari Koperasi Nasional ke- 71, Kamis (12/7).

Jokowi mengatakan selain mencontoh, Jokowi juga minta pegiat koperasi di Indonesia melek teknologi. Ia mengatakan dunia sudah berubah karena perkembangan teknologi dan revolusi industri 4.0.

Jika perubahan tersebut tidak diimbangi dengan perbaikan pemahaman soal teknologi, ia meyakini koperasi di Indonesia akan semakin tertinggal.

"Saya kira, di awal tidak harus dengan yang canggih-canggih mulai dulu dengan semua anggota koperasi harus pintar pakai WhatsApp baru pelan-pelan berkembang dengan aplikasi-aplikasi yang lebih canggih seperti mulai jualan di platform e-commerce," kata Jokowi.

(agt/bir)