Luhut Tawarkan Bandara Kulonprogo dan Komodo ke India

SAH, CNN Indonesia | Kamis, 26/07/2018 13:57 WIB
Luhut Tawarkan Bandara Kulonprogo dan Komodo ke India Petugas gabungan melakukan pengamanan saat proses pembersihan lahan lokasi pembangunan Bandara Kulonprogo, Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah bakal menawarkan beberapa proyek bandara di Indonesia kepada pemerintah India. Hal itu dibahas dalam pertemuan antara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Duta Besar India untuk Pradeep Kumar Rawat.

Deputi Bidang Koordinasi Bidang Infrastruktur Kemenko Kemaritiman Ridwan Djamaluddin menyebutkan, pihak India tertarik untuk investasi di beberapa bandara nasional, di antaranya Bandara Kulonprogo di Yogyakarta, Bandara Komodo di Labuan Bajo, dan Bandara Silangit di Sumatra Utara.

"Indonesia banyak bangun sekarang, tadi juga disampaikan informasi ada beberapa bandara lain yang barangkali mereka tertarik. Selain Kulonprogo, ada Labuan Bajo, dan Silangit," ujar Ridwan di Kemenko Maritim, Jakarta, Kamis (26/7).



Khusus Bandara Kulonprogo, menurut Ridwan, India menilai potensi bisnis di Yogyakarta cukup bagus. Atas dasar itu, pihak India menunjukan ketertarikannya mulai dari pembangunan hingga pengelolaannya.

Saat ini, kata Ridwan, pihak India tengah melakukan diskusi dengan PT Angkasa Pura I (Persero), selaku pengelola, terkait investasi di Bandara Kulonprogo. Hanya saja, investasi dari pihak India sampai saat ini masih belum diputuskan.

"Mereka sudah studi, tapi sekarang harus dibicarakan lebih lanjut dengan AP I, mereka masih tertarik tapi masih dalam pembicaraan dengan AP 1, belum putus," ujar dia.

(lav/lav)