Terbitkan Obligasi Rp3 T, Mandiri Tawarkan Bunga 8,5 Persen

Yuli Yanna Fauzie, CNN Indonesia | Rabu, 08/08/2018 19:40 WIB
Terbitkan Obligasi Rp3 T, Mandiri Tawarkan Bunga 8,5 Persen Nasabah menyetor uang di cabang Bank Mandiri Gambir, Jakarta. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan menerbitkan surat utang mencapai Rp3 triliun dengan tenor lima tahun dan kupon sebesar 7,75-8,5 persen pada kuartal III 2018.

Penerbitan obligasi ini merupakan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) I tahap ketiga dengan total mencapai Rp14 triliun. Sebelumnya, perseroan telah menerbitakn PUB I tahap satu pada 2016 sebesar Rp5 triliun dan PUB I tahap dua pada 2017 sebesar Rp6 triliun.

Rencananya, penawaran awal PUB I tahap ketiga akan dilakukan pada 8-24 Agustus 2018 untuk investor utama dan nasabah prioritas, serta penawaran umum pada 14-17 September 2018.



Direktur Treasuri dan Perbankan Internasional Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan penerbitan obligasi dilakukan untuk menambah sumber likuiditas perseroan yang selanjutnya digunakan untuk menyalurkan kredit kepada nasabah.

"Kami manfaatkan untuk ekspansi kredit karena sumber pendanaan ini lima tahun, bertenor panjang, sangat fit untuk sumber dana," ucapnya di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (8/8).

Menurutnya, sumber dana akan digunakan untuk penyaluran kredit yang berjangka panjang, misalnya kredit ke proyek infrastruktur dan energi.


Dalam melakukan PUB I tahap ketiga ini, Bank Mandiri menunjuk enam perusahaan penjamin emisi, yakni Mandiri Sekuritas, Bahana Sekuritas, BCA Sekuritas, BNI Sekuritas, Danareksa Sekuritas, dan Trimegah Sekuritas. (lav/lav)