Nilai Impor Barang Bebas Bea Masuk Turun Jadi US$75

Tim, CNN Indonesia | Senin, 17/09/2018 20:11 WIB
Nilai Impor Barang Bebas Bea Masuk Turun Jadi US$75 Dirjen Bea dan Cukai Heru Pambudi. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah memutuskan untuk menurunkan nilai impor barang e-commerce bebas bea masuk dari sebelumnya US100 menjadi US$75 per hari. Penurunan tarif tersebut diatur dalam peraturan Menteri keuangan Nomor 112 Tahun 2018 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengatakan penurunan nilai tersebut dilakukan untuk melindungi industri kecil dan menengah dalam negeri dari serbuan barang impor. Kebijakan tersebut diharapkan bisa memberikan kesetaraan bagi produksi dalam negeri yang selama ini membayar pajak.

"Penyesuaian dilakukan dengan mempertimbangkan masukan dari asosiasi industri kecil dan menengah, Kementerian Perindustrian, pengusaha retail dan distributor offline," katanya seperti dikutip dari Antara,Senin (17/9).
Selain itu, penyesuaian tersebut juga dilakukan dengan memperhatikan rekomendasi Organisasi Perdagangan Dunia (WTO). Heru menegaskan peraturan baru ini tidak melarang masyarakat untuk membeli atau membawa barang dari luar negeri.


Peraturan tersebut diterbitkan untuk menghindari penyalahgunaan fasilitas pembebasan bea masuk "de minimis value" untuk tujuan komersial.

Heru mengatakan jika dibandingkan dengan negara lain, nilai pembebasan bea masuk tersebut masih lebih tinggi. Salah satunya, jika dibandingkan dengan Thailand yang memberikan pembebasan atas barang senilai US$28 dan Kanada yang hanya US$15.
(Antara/agt)