Survei BI: Tekanan Harga Meningkat di Januari 2019

CNN Indonesia | Selasa, 11/12/2018 10:53 WIB
Survei BI: Tekanan Harga Meningkat di Januari 2019 Ilustrasi bahan pokok. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia (BI) memperkirakan tekanan kenaikan harga bakal terjadi hingga Januari 2019. Hal ini seiring dengan penyesuaian harga yang bakal dilakukan produsen di awal tahun.

Tekanan kenaikan harga terindikasi dari indeks ekspektasi harga umum yang diperkirakan meningkat dari 159,3 pada bulan ini menjadi 163,9. Padahal, indeks ekspektasi harga pada Desember sudah meningkat dibanding bulan ini, seiring dengan momentum Natal dan Tahun Baru.

"Kenaikan harga sejalan dengan rencana penyesuaian harga yang dilakukan produsen di awal tahun," tulis survei tersebut, dikutip Selasa (12/11).



Survei BI juga memperkirakan penjualan ritel bakal meningkat di Desember. Namun, menurun di Januari 2019 seiring berakhirnya faktor musiman Natal dan tahun Baru.

Hal ini terutama tercermin dari indeks ekspektasi penjualan (IEP) Desember 2018 yang mencapai 165,9, lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya. Namun, menurun pada Januari 2019 menjadi 156.


Sementara pada bulan lalu, survei BI memperkirakan penjualan ritel tetap tumbuh positif. Hal ini terutama tercermin dari indeks penjualan riil yang tumbuh 3,4 persen secara tahunan.

Peningkatan penjualan ritel pada bulan lalu terutama didorong oleh kelompok sandang yang tumbuh 29 persen secara tahunan dan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor yang tumbuh 18 persen secara tahunan. (agi/agi)