Tol Trans Jawa Dibuka untuk Umum Mulai Jumat Besok

CNN Indonesia | Kamis, 20/12/2018 10:37 WIB
Tol Trans Jawa Dibuka untuk Umum Mulai Jumat Besok Presiden Joko Widodo meresmikan Empat Ruas Tol Trans Jawa di Jawa Timur, di Kilometer 671 Tol Ngawi-Kertosono, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Kamis (20/12). (CNN Indonesia/Galih Gumelar)
Surabaya, CNN Indonesia -- Menteri BUMN Rini Soemarno menyatakan kondisi Tol Trans Jawa saat ini sudah sepenuhnya bagus dan tersertifikasi. Oleh karena itulah, jalan tersebut akan mulai dibuka untuk umum mulai Jumat (21/12). 

Yang akan dibuka meliputi tujuh ruas tol Trans Jawa , di antaranya; Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer (Km), Semarang-Solo Segmen Salatiga-Kartasura sepanjang 31 Km, Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono 37,9 Km, Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati sepanjang 14 Km dan Pemalang-Batang sepanjang 39,2 Km, Surabaya-Gempol, dan Jombang-Mojokerto.

"Mungkin besok sudah dibuka untuk umum," katanya seperti dikutip dari Antara, Kamis (20/12).



Sebelum dibuka untuk umum, sejumlah ruas tol yang termasuk dalam bagian Tol Trans Jawa akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo Kamis ini. Ruas tersebut terdiri dari Ngawi-Kertosono segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 37,9 kilometer (km), ruas Jombang - Mojokerto seksi Bandar-Kertosono sepanjang 900 meter, relokasi Jalan Tol Porong-Gempol sejauh 6,3 km, dan Jalan Tol Gempol-Pasuruan seksi Pasuruan - Grati sejauh 13,65 km.

Setelah itu, Jokowi juga akan meresmikan Tol Trans Jawa di Jawa Tengah yang terdiri dari ruas tol Batang-Semarang segmen Pasekaran-Simpang Susun Krapyak, dan Tol Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura. Total panjang ruas tol Trans Jawa di Jawa Tengah tercatat 142 km.

Selain meresmikan, Jokowi juga menjajal tol Trans Jawa. Kamis (20/12) pagi, ia menyusuri Tol Trans Jawa dari Semarang hingga Surabaya. Dengan peresmian tersebut, Tol Trans Jawa sudah tersambung dari Merak sampai ke Pasuruan.

Jokowi berharap setelah Tol Trans Jawa dibuka bisa memberikan manfaat besar kepada masyarakat. Ia yakin, kehadiran Tol Trans Jawa bisa mempercepat waktu tempuh logistik dan pergerakan masyarakat.

(glh/agt)