Hasil Lelang Blok Migas Tahap III Diumumkan Pekan Ini

CNN Indonesia | Rabu, 26/12/2018 18:39 WIB
Hasil Lelang Blok Migas Tahap III Diumumkan Pekan Ini Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar memastikan hasil lelang wilayah kerja minyak dan gas bumi (WK Migas) tahap III diumumkan pekan ini.

"(Pemasukan dokumen) sudah ditutup. Pengumuman pemenang lelang selambat-lambatnya Jumat ini," ujar Arcandra di kantor Kementerian ESDM, Rabu (26/12).

Sebelumnya, terdapat empat WK yang ditawarkan pemerintah pada lelang tahap III yaitu WK South Andaman di lepas pantai Laut Andaman di Aceh, WK South Saka Kemang di Sumatra Selatan, WK Anambas di lepas pantai Kepulauan Riau, dan WK Maratua di darat dan lepas pantai Kalimatan Utara dan Kalimantan Timur.



Blok tersebut ditawarkan dengan mekanisme penawaran langsung mengingat keempat WK tersebut merupakan blok migas hasil studi bersama (joint study).

Arcandra mengungkapkan tim lelang mulai membuka dokumen lelang hari ini. Disebutkan Arcandra, terdapat tiga perusahaan yang memasukkan dokumen lelang.

Pertama, Pertamina untuk WK Maratua. Sesuai ketentuan Peraturan Menteri ESDM No 35 Tahun 2008, WK Maratua khusus partisipasi dari Pertamina dan tidak dibuka untuk perusahaan lainnya.

Dua perusahaan lainnya merupakan perusahaan internasional. Sayangnya, Arcandra tidak menyebutkan WK yang diminati oleh kedua perusahaan tersebut.


Jika dirinci untuk Blok Maratua, pemerintah mencantumkan syarat dan ketentuan berupa bonus tanda tangan yang ditawarkan calon investor minimal US$2 juta dengan komitmen kerja pasti (KKP) untuk lima tahun mencakup survei geologi dan geofisika (G&G) dan survei seismik tiga dimensi (3D) seluas 500 kilometer (km) persegi.

Kemudian, untuk Blok South Andaman, pemerintah mensyaratkan minimal bonus tanda tangan sebesar US$2 juta dan minimal KKP lima tahun mencakup survei G&G dan survei seismik 3D seluas 500 km persegi.

Di Blok Anambas, minimal bonus tanda tangan dari calon investor US2 juta dan KKP mencakup kegiatan G&G dan pengeboran satu sumur eksplorasi.

Terakhir, Blok South Sakakemang, minimal bonus tanda tangan yang diberikan calon investor sebesar US$2 juta. Kemudian, kegiatan KKP mencakup survei G&G dan survei seismik dua dimensi sepanjang 250 km.


Sebagai informasi, pada lelang tahap I 2018, pemerintah menetapkan empat pemenang lelang migas konvensional yaitu; Blok Southeast Jambi, Blok East Seram, Blok Citarum, dan Blok East Ganal. Sementara, pada lelang tahap II 2018, dari enam blok migas yang ditawarkan, pemerintah menetapkan dua pemenang lelang untuk Blok South Jambi B dan Blok Banyumas. (sfr/lav)