'Kantong' Levi's Terisi Dana Segar US$623 Juta dari Go Public

CNN Indonesia | Kamis, 21/03/2019 09:26 WIB
'Kantong' Levi's Terisi Dana Segar US$623 Juta dari Go Public Ilustrasi celana jeans. (Pam Metcalf/via REUTERS).
Jakarta, CNN Indonesia -- Produsen jeans asal Amerika Serikat (AS), Levi Strauss & Co, atau yang terkenal dengan sebutan Levi's meraup dana sebesar US$623 juta atau setara Rp8,72 triliun (kurs Rp14.000 per dolar Amerika Serikat) dari aksi penawaran umum saham perdana (Initial Public Offering/IPO).

Perusahaan mematok harga sebesar US$17 per saham. Angka itu lebih tinggi dari rentang harga yang ditargetkan selama masa penawaran, yakni US$14-US$16 per saham.

Mengutip AFP, Kamis (21/3), manajemen Levi Strauss & Co membenarkan bahwa memang ada permintaan yang kuat dari pasar dalam pembelian saham selama proses IPO.

Levi Strauss & Co akan resmi melantai di bursa saham Wall Street, tepatnya di New York Stock Exchange (NYSE) pada Kamis (21/3) waktu setempat. Rencananya, perusahaan akan menggunakan raihan dana IPO untuk mengakuisisi perusahaan lain yang saat ini sudah dalam proses.


Perusahaan dengan kode saham LEVI ini didirikan pertama kali pada 1853 silam di San Fransisco sebagai bisnis grosiran. 20 tahun kemudian, Levi Strauss & Co menciptakan jeans yang kebanyakan digunakan oleh penambang dan koboi.

Menjadi salah satu merek jeans yang sudah mendunia, bisnis Levi Strauss & Co juga rupanya juga mengalami pasang surut. Beruntung, sejak berada di bawah kepemimpinan Kepala Eksekutif Charles Bergh yang bergabung dengan perusahaan pada September 2011, performa Levi Strauss & Co kembali naik.

Baru-baru ini merek jeans Levi's ini juga mendapatkan perhatian lebih ketika musisi asal AS, Beyonce Knowles, mengenakan celana pendek hasil produksi perusahaan tersebut saat mengisi acara di festival musik Coachella.


Salah satu poin yang dicatat oleh perusahaan sekuritas adalah predikat dari majalah People yang menyebut Levi's yang dikenakan Knowles menjadi pakaian terbaik yang digunakan pengisi acara dalam festival musik Coachella.

"Merek Levi's melambangkan gaya AS yang klasik, otentik, keren," kata perusahaan sekuritas yang menangani proses IPO dalam prospektus.

[Gambas:Video CNN]


(aud/bir)