Rilis Kinerja Emiten jadi Tumpuan IHSG di Akhir Pekan

CNN Indonesia | Jumat, 22/03/2019 08:11 WIB
Rilis Kinerja Emiten jadi Tumpuan IHSG di Akhir Pekan Ilustrasi IHSG. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi menutup akhir pekan di teritori positif. Satu-satunya tumpuan bagi indeks berasal dari kinerja emiten sepanjang tahun lalu yang masih terus dirilis pada bulan ini.

Analis Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan beberapa emiten yang belum merilis laporan keuangannya diyakini membukukan kinerja cemerlang pada 2018 lalu. Karenanya, pelaku pasar masih tertarik untuk berinvestasi di pasar saham Indonesia.

"Peluang pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang masih menunjukkan kenaikan yang cukup besar. Hari ini IHSG berpotensi menanjak," ujar William melalui risetnya, dikutip Jumat (22/3).

Namun, patut diingar, laju IHSG juga memiliki beberapa tantangan dari gejolak harga sejumlah komoditas beberapa waktu terakhir. Selain itu, minimnya sentimen positif dari dalam negeri yang bisa mendongkrak kinerja IHSG lebih signifikan.


Hari ini, William memprediksi IHSG berada dalam rentang support 6.402 dan resistance 6.585. Beberapa saham yang direkomendasikan, antara lain PT Astra International Tbk (ASII), PT Surya Citra Media Tbk (SCMA), PT Summarecon Agung Tbk (SMRA), dan PT Ciputra Development Tbk (CTRA).

Sementara, Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan menilai IHSG akan terkoreksi pada pengujung pekan ini. Dari sisi teknikal, indeks sudah mendekati area jenuh beli alias overbought.

"IHSG diprediksi melemah, support 6.469-6.485 resistance 6.516-6.531," papar Dennies melalui risetnya.


Walau begitu, ia tetap memberikan beberapa pilihan saham yang bisa dicermati, yakni PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), dan PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP).

IHSG berhasil menembus level 6.501 pada penutupan perdagangan kemarin, Kamis (21/2). Menariknya, mayoritas atau sebanyak 195 saham justru terkoreksi. Selain itu, pelaku pasar asing juga tercatat jual bersih atau net sell di all market sebesar Rp89,76 miliar.

Sementara, bursa saham Wall Street berhasil bergeser ke zona hijau tadi malam. Tercatat, Dow Jones menguat 0,84 persen, S&P500 1,09 persen, dan Nasdaq Composite 1,42 persen.

[Gambas:Video CNN]


(aud/bir)