Tol Trans Jawa Padat, Imbas Kenaikan Harga Tiket Pesawat

CNN Indonesia | Sabtu, 01/06/2019 15:59 WIB
Tol Trans Jawa Padat, Imbas Kenaikan Harga Tiket Pesawat Ilustrasi tol Trans Jawa. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyebut kenaikan harga tiket pesawat membuat sebagian masyarakat beralih ke moda transportasi darat.

Hal itu tercermin dari peningkatan jumlah pemudik yang melewati tol Trans Jawa dalam tiga hari terakhir. Diperkirakan, kenaikan jumlah pemudik yang menggunakan tol Trans Jawa mencapai 31 persen.

"Tiga hari terakhir padat. Dari hasil penelitian juga mengatakan demikian. 40 persen masyarakat menggunakan tol Trans Jawa dan itu sejalan dengan terhubungnya tol Trans Jawa. Ada kenaikan," ujarnya usai melepas pemudik sepeda motor dengan kapal Ro-Ro di Dermaga Ex Presiden, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (1/6).

Diketahui, sejak akhir tahun lalu, harga tiket pesawat melompat naik hingga lebih dari 100 persen. Pemerintah mengeluarkan kebijakan memangkas Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat baru-baru ini. Namun, kebijakan itu pun tak serta merta membuat tiket pesawat menjadi murah seperti sedia kala.


Saat ini, memasuki hari ketiga pemberlakuan satu jalur (one way) pada ruas jalan tol Jakarta-Cikampek. Menurut rencana, pemberlakuan one way akan dilakukan hingga Minggu (2/6) besok.

Hari ini one way mulai berlaku pukul 06.05 WIB. Skema waktu untuk besok akan bergantung pada pihak kepolisian.

"Rencana kan pukul 09.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB, tetapi kalau sebelum 21.00 WIB aman, itu akan kembali normal. Mulainya pun pukul 09.00 WIB, kalau pukul 06.00, 07.00 WIB, pergerakan atau bangkitan dari Jakarta cukup banyak, maka akan diberlakukan awal," katanya.
[Gambas:Video CNN]
Sebelumnya, Airnav Indonesia mengakui penurunan frekuensi penerbangan hingga 15 persen sejak Desember 2018 sampai saat ini. PT Angkasa Pura I (Persero) juga mengklaim kehilangan 3,5 juta penumpang di sepanjang kuartal I 2019.

Keduanya menuding perkembangan infrastruktur, seperti tol Trans Jawa menjadi daya pikat masyarakat untuk berdalih menggunakan moda transportasi dari udara ke darat, termasuk juga mahalnya harga tiket pesawat.


(els/bir)