Wishnutama: Saya Diminta Jokowi Tingkatkan Kreativitas Bangsa

CNN Indonesia | Senin, 21/10/2019 14:31 WIB
Wishnutama: Saya Diminta Jokowi Tingkatkan Kreativitas Bangsa Wishnutama. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Wishnutama, pendiri media NET Mediatama Televisi untuk menjadi menteri yang menangani bidang kreativitas bangsa. Permintaan disampaikan karena sosok Wishnu diharapkan mampu memajukan ekonomi kreatif Indonesia di kancah internasional supaya bisa menghasilkan devisa bagi negara.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wishnutama usai memenuhi panggilan Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin (21/10). Ia sempat membagi hasil pertemuannya dengan orang nomor satu di Tanah Air kepada awak media.

"Saya diminta membantu beliau untuk meningkatkan kemampuan kreativitas di Indonesia, lalu meningkatkan devisa," ungkap Wishnu.


Namun, ia enggan memberi bocoran jabatan menteri apa yang ditawarkan Jokowi kepadanya. Wishnu hanya mengaku sudah menerima tawaran presiden tersebut.

"Saya bersedia. Tentu (posisinya) akan diumumkan nanti oleh Pak Presiden langsung," ungkapnya.

Wishnu mengatakan sebelum dipanggil ke Istana hari ini, ia tidak pernah diajak berkomunikasi Jokowi soal tawaran kursi menteri. Dengan kata lain,  baru kali ini ia diminta langsung oleh Jokowi untuk menjadi pembantunya.

Namun, ia mengaku beberapa kali bertemu dengan Jokowi. Dalam pertemuannya tersebut, ia bersama Jokowi kerap membahas soal pengembangan bidang kreativitas.

Jokowi, katanya, merupakan salah satu tokoh yang memberi perhatian pada bidang kreativitas.

"Soal event misalnya, bagaimana menciptakan event yang menarik, yang punya daya saing internasional dan sebagainya. Beliau tertarik," katanya.

Lebih lanjut, Wishnu mengaku belum memiliki program terhadap jabatan menteri yang akan ditempatinya nanti. Meskipun demikian, ia sudah mendapat gambaran soal visi misi Jokowi ke depan.

"Secara teknis mesti dibicarakan harus bagaimananya. Tapi walaupun saya belum pernah ada di pemerintahan, yang utama adalah niat baiknya dulu, semangatnya dulu," tuturnya.

Wishnu mengaku setelah menerima tawaran dari Jokowi tersebut, ia akan segera mundur dari jabatan yang didudukinya di NET Mediatama dan Kumparan. Pengunduran itu, katanya, akan segera dilakukan seiring dengan perkembangan administrasi menteri di pemerintahan kabinet mendatang.

"Aturannya kan harus mengundurkan diri kalau jadi. Ya sekarang belum dong, kan baru (ditawari). Secepatnya (akan mundur)," katanya.

Jokowi mulai memanggil calon menterinya Senin (21/10) ini. Nama calon yang sudah dipanggil antara lain, Mahfud MD, Christiany Eugenia Paruntu, Nadiem Makarim, Erick Thohir,  dan Tito Karnavian.

Kabarnya, pengumuman menteri akan dilakukan pada Rabu (23/10) mendatang. Rencananya, pelantikan akan dilaksanakan sejak pagi hari.

(uli/agt)