KAI Setop Perjalanan KA Jarak Jauh di Cirebon Hari Ini

CNN Indonesia | Sabtu, 25/04/2020 06:05 WIB
Suasana di dalam Kereta Api (KA) Sancaka relasi Surabaya-Yogyakarta saat transit di Stasiun KA Madiun, Jawa Timur, Senin (20/4/2020). PT KAI mulai 21 April hingga 30 April membatalkan dua perjalanan KA Sancaka relasi Surabaya-Yogyakarta dan sebaliknya karena alasan sepi penumpang, berdasarkan sumber di PT KAI Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun jumlah penumpang harian yang naik dan turun di stasiun wilayah Daop 7 lebih dari 20 ribu penumpang  saat ini turun menjadi dua ribu penumpang akibat pendemi COVID-19. ANTARA FOTO/Siswowidodo/hp. PT KAI membatalkan semua perjalanan kereta penumpang jarak jauh dan menengah di Cirebon Sabtu (25/4) ini. (ANTARA FOTO/SISWOWIDODO).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat menyatakan akan membatalkan semua perjalanan kereta penumpang baik jarak jauh maupun menengah mulai Sabtu (25/4).

Pembatalan perjalanan dilakukan demi mematuhi  Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat Luqman Arif mengatakan di Daop 3 Cirebon sebenarnya masih tersisa satu kereta Ranggajati tujuan Cirebon ke Jember yang semula masih akan dioperasikan.


"Namun karena peraturan itu, maka semua perjalanan kereta dibatalkan," katanya seperti dikutip dari Antara, Jumat (24/4).

Ia menambahkan pembatalan perjalanan kereta di wilayahnya akan dilakukan sampai dengan 30 April 2020 mendatang. Untuk itu kepada semua masyarakat yang telah memesan tiket KA Ranggajati, ia mengatakan bisa melakukan pembatalan tiket melalui aplikasi KAI Acces dan loket Stasiun.

Luqman menambahkan bea akan dikembalikan 100 persen kecuali bea admin saat pembelian, baik melalui online ataupun lainnya.

"Dengan demikian mulai Sabtu besok, tidak ada KA penumpang yang berangkat atau melintas di wilayah Daop 3 Cirebon," katanya.

Pembatalan perjalanan kereta demi menutup celah rantai penularan virus corona tak hanya dilakukan di Cirebon saja. Sebelumnya, penghentian operasi juga dilakukan oleh PT KAI Daop I Jakarta mulai Jumat (24/4) ini.

[Gambas:Video CNN]
Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan penghentian akan dilakukan terhadap KA dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota dengan tujuan akhir Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan berbagai kota di wilayah lainnya.

Eva menambahkan dengan penghentian operasi tersebut, total terdapat 70 perjalanan KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta yang dibatalkan perjalanannya. Dari 70 KA tersebut 67 KA diantaranya merupakan KA reguler dan 3 KA lainnya merupakan tambahan yang dioperasikan pada saat hari kerja serta hari libur.

(agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK