Kesehatan Wanita

Minum Susu Bisa Kurangi Nyeri Datang Bulan

Merry Wahyuningsih, CNN Indonesia | Kamis, 11/12/2014 08:45 WIB
Minum Susu Bisa Kurangi Nyeri Datang Bulan Ilustrasi sakit perut (Getty Images/b-d-s)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kram perut saat datang bulan alias menstruasi umum dialami perempuan. Meski tergolong normal, kondisi ini juga bisa mengganggu aktivitas bila rasa sakitnya berlebihan. Studi membuktikan, minum susu bisa jadi obat pereda nyeri haid.

Studi tahun 2010 yang dipublikasikan di Journal of Obstetrics and Gynaecology Research menemukan, perempuan yang rutin mengonsumsi susu mengalami nyeri menstruasi lebih rendah secara signifikan dibanding mereka yang tidak minum susu, seperti dikutip dari buku Buka Fakta! 101 Mitos Kesehatan karangan Nutrifood Research Center.

Studi tersebut mengungkapkan, kalsium dan magnesium yang terdapat dalam susu diketahui dapat meringankan nyeri perut saat menstruasi.


Kram menstruasi sebenarnya terjadi secara normal, karena selama menstruasi rahim berkontraksi untuk membantu meluruhkan lapisan yang akan keluar sebagai darah haid. Namun, kram menstruasi bisa tergolong tidak normal bila rasa sakit yang dialami berlebihan. Dalam kondisi ini, konsumsi susu biasanya tidak akan membantu.

Rasa sakit yang berlebihan disebut dismenore dan kemungkinan penyebabnya seperti kista ovarium, fibroid, endometriosis, penyakit menular seksual, dan penyakit radang panggul, menurut Medline Plus.

Temui dokter jika Anda mengalami kram menstruasi cukup berat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Kram menstruasi yang parah biasanya tidak akan membaik meski Anda sudah menggunakan obat penghilang rasa sakit.