12 Sayuran Paling Banyak Mengandung Pestisida

Utami Widowati, CNN Indonesia | Minggu, 01/03/2015 11:45 WIB
Pestisida berhubungan dengan masalah pertumbuhan pada anak-anak, juga bertindak sebagai pemicu bermutasinya sel sehat menjadi sel kanker Stroberi dan persik, dua di antara selusin buah yang paling banyak mengandung pestisida. (EvolvingScenes/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Demi kesehatan kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang sesedikit mungkin mengandung zat kimia berbahaya, seperti pestisida.

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa pestisida  berhubungan dengan masalah pertumbuhan pada anak-anak, bahkan juga bertindak sebagai karsinogen—atau pemicu bermutasinya sel sehat menjadi sel kanker—saat terserap masuk ke sistem endokrin tubuh. Semua ini secara terbuka sudah diumumkan oleh agensi perlindungan lingkungan Amerika Serikat.

Untuk meyakinkan konsumen akan keamanan pilihan bahan makanan, sebuah perusahaan nirlaba seperti dikutip dari Huffington Post, Environmental Working Group (EWG) merilis lagi daftar sayur dan buah yang paling banyak mengandung pestisida.


Dirty Dozen, bagian dari EWG yang menerbitkan laporan tahunan untuk panduan belanja mengumpulkan data dari departemen pertanian Amerika akan kandungan residu pestisida dari 48 jenis sayur dan buah.

Hasilnya sungguh mengejutkan: dua per tiga dari sampel sayur dan buah yang diteliti positif mengandung pestisida. Untuk ke-lima kalinya dalam lima tahun berturut-turut, apel menempati ranking pertama sayur dan buah paling banyak mengandung pestisida.

“Pada dasarnya orang tak ada yang mau makan pestisida dalam sayur dan buah mereka,” kata Ken Cook, presiden dan pendiri EWG. “Itulah mengapa kami akan meneruskan informasi ini pada konsumen dan perusahaan kimia untuk pertanian untuk memperhatikan bagaimana mereka berproduksi.“

Kritik EWG ini sempat membuat khawatir orang akan berhenti makan sayur dan buah. Tapi bukan itu yang diinginkan lembaga itu.

“Kami tetap mengatakan makan sayer dan bush Anda,” kata Sonya Lunder, analis senior di EWG. “Tapi ketahui mana yang paling tinggi kandungan pestisidanya, sehingga Anda punya pilihan lain pada versi sayur dan buah organik jika memang tersedia dan terjangkau.”

12 jenis makanan itu adalah:

1.Kentang.
Dari rata-rata sampel kentang yang diteliti mengandung pestisida lebih banyak dibanding jenis makanan lain yang diteliti.

2. Kacang kapri
Satu batang kacang kapri sangat mungkin mengandung 13 jenis pestisida yang berbeda.

3. Tomat ceri
Meski berukuran mungil dalam penelitian sebutir tomat bisa mengandung 13 pestisida yang berbeda.

4. Timun
Meski terlihat segar, jenis sayuran ini tergolong sering ditumbuhkan dengan penjagaan pestisida yang berbahaya.

5. Paprika
Sebutir paprika diteliti bisa mengandung 15 jenis pestisida.

6. Bayam
Sayuran dengan daun hijau ini dalam penelitian tersebut  turun ranking dari sayuran ke tujuh paling banyak mengadung pestisida di tahun lalu, menjadi sayuran ke enam.
 
7. Seledri
Seledri juga termasuk jenis sayuran yang cukup banyak mengandung pestisida.

8. Anggur
Cita rasanya yang manis asam mengecoh karena berdasarkan penelitian satu butirnya bisa mengandung 15 jenis pestisida.

9. Strawberi
Mirip tomat ceri, satu butir strawberi bisa mengandung 13 jenis pestisida berbeda.

10. Nectarines

Semacam buat persik dengan daging buah yang lebih padat, lembut dengan kulit lebih tipis dan berwarna cerah. Dalam penelitian ini hampir tiap sampel yang diteliti 97 persen positif mengandung sedikitnya dua jenis pestisida.

11. Persik
Dari semua jenis persik yang diteliti 98 persen terbukti positif setidaknya mengandung satu jenis pestisida.

12. Apel
Seperti penelitian tahun-tahun sebelumnya, hampir setiap buah apel yang diteliti 99 persen mengandung setidaknya satu jenis pestisida. (utw/vga)