Durasi Memasak Telur Agar Matang Sempurna

Tri Wahyuni, CNN Indonesia | Minggu, 15/03/2015 10:19 WIB
Mendapatkan telur rebus yang sempurna dengan kuning telur yang masih lembut bukanlah perkara mudah. Ada teknik-teknik tertentu yang harus dilakukan. Ilustrasi (Getty Images/HandmadePictures)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kuning telur yang lembut dan putih telur yang kenyal namun mudah hancur berpadu dalam satu gigitan, sederhana, sungguh menggugah selera. Ya, telur rebus. Penganan ini menjadi favorit banyak orang karena mengenyangkan dan juga sehat.

Mendapatkan telur rebus yang sempurna dengan kuning telur yang masih lembut bukanlah perkara mudah. Ada teknik-teknik tertentu yang harus dilakukan untuk bisa memasak telur dengan sempurna.

Telur rebus yang sempurna tidak mempunyai lingkaran berwarna abu-abu di sekeliling kuning telurnya. Tekstur kuning telurnya pun lembut dengan rasa yang creamy.


Untuk mendapatkan rebusan telur yang sempurna, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Dilansir dari The Kitchn, berikut cara merebus telur dengan sempurna.

1. Masukkan telur ke dalam panci berisi air dingin.

2. Biarkan mendidih. Atur besar api agar panci mendapatkan panas tinggi dan air cepat mendidih.

3. Matikan api dan tutup panci. Begitu air mendidih, angkat panci dari kompor dan tutup pancinya. Jangan membiarkan panci terlalu lama berada di atas kompor agar telur tidak terlalu matang.

4. Atur tingkat kematangan yang diinginkan dengan menyetel timer. Biarkan telur dalam panci tertutup selama waktu yang tepat. Berapa lama? Tergantung pada apakah Anda ingin telur setengah matang atau matang sempurna. Berikut adalah durasi mendiamkan telur dalam air panasnya:

- Untuk telur setengah matang yang masih berair (hampir set putih): 3 menit.
- Untuk telur setengah matang yang masih sedikit berair: 4 menit
- Untuk telur setengah matang yang kuningnya masih lembek: 6 menit
- Untuk yang kuning telurnya lembut dan creamy: 10 menit
- Untuk telur rebus matang: 15 menit

5. Tekan telur yang sudah dimasak dengan lembut. Setelah telur yang diinginkan siap, angkat telur dari panci dengan menggunakan sendok atau alat apapun. Tekan bagian atas telur untuk memecahkan cangkangnya.

6. Tempatkan telur dalam mangkuk yabg berisi air es. Letakkan telur ke dalam mangkuk dan diamkan selama minimal 1 menit.

7. Kupas dan makan!

(mer/mer)