Tips Sehat Mengolah Sayur dan Seafood dari Chef Arnold

Masyaril Ahmad, CNN Indonesia | Kamis, 27/08/2015 12:10 WIB
Tips Sehat Mengolah Sayur dan Seafood dari Chef Arnold Ilustrasi (Tay Jnr/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain membutuhkan keahlian khusus, Anda juga harus pintar memilih bahan makanan yang terbaik saat memasak. Ada beberapa bahan makanan yang memang membutuhkan penanganan khusus, seperti sayur dan seafood.

Dalam memasak sayur Anda harus memerhatikan warnanya agar kadar vitamin tidak hilang. Sedangkan dalam memilih seafood, Anda harus memilih seafood yang benar-benar segar.

Chef Arnold Poernomo pun membagikan tips cara memasak sayur dan mengolah seafood yang sehat.


Waktu adalah salah satu faktor penting dalam memasak, khususnya sayur tidak boleh dimasak terlalu lama karena akan menghilangkan kadar vitaminnya.

"Apapun kalau kita panasin terlalu lama kan pasti hilang ya. Kalau misalnya brokoli kita masak dan warnanya enggak hijau lagi, nutrisinya berarti sudah hilang, jadi kita lihat warnanya," kata Chef Arnold saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (26/8).

Beda warna sayur, ternyata beda pula cara pengolahannya.

"Sayuran itu bermacam-macam, ada yang berklorofil atau yang warna hijau itu kita masak paling enggak sampai semenit 45 detik. Air mendidih kita masukkan, kalau misalnya sayuran seperti wortel kita masaknya agak lunak, tergantung ketebalan wortel, yang penting warnanya jangan berubah," kata chef Arnold.

Selain sayur, pengolahan makanan yang juga perlu diperhatikan adalah seafood. Pengolahan seafood yang salah dapat mengubah warna seafood. Menurut Chef Arnold, Anda hanya perlu merendam seafood dengan garam dan lada saja.

"Pastinya kita pilih seafood yang segar bukan bau amis. Kalau mau, kita seasoning paling dengan garam dan lada saja jangan terlalu direndem dengan air jeruk,” katanya.

"Kalau kita pakai jeruk nipis bisa, tapi jangan terlalu lama direndam, ikan direndam pake jeruk nipis warnanya nanti berubah jadi warna putih.”



(mer)