Pria China 12 Tahun Hidup dengan 15 Kg Tumor Perut

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 28/04/2016 19:44 WIB
Pria China 12 Tahun Hidup dengan 15 Kg Tumor Perut ilustrasi (Pexels/Wesley Wilson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang pria di China berharap bisa hidup normal lagi setelah 'melahirkan." Tentunya bukan hamil dan melahirkan dalam arti sebenarnya, melainkan 'melahirkan' tumor dalam perutnya.

Selama beberapa dekade, pria berusia 33 tahun dari Provinsi Sichuan ini hidup seperti seorang perempuan yang hamil besar. Perutnya membuncit dan membesar.

Menurut Apple Daily Taiwan, mengutip dari Asia One, pria ini mulai mengalami ketidaknyamanan di perut bagian bawah saat buang air kecil. Hal ini semakin intens terjadi pada tahun 2004.


Awalnya dia berpikir kalau ini adalah masalah yang berhubungan dengan prostat. Namun pemeriksaan medis lebih lanjut mengungkapkan kalau ini adalah tumor. Kondisi ini membuat dia jadi takut untuk mencari pekerjaan dan mencari calon pasangan hidup.

Dia dibantu oleh adik laki-laki, saudara iparnya untuk pengobatan medisnya. Namun biaya masih tak cukup untuk melakukan operasi. Akhirnya selama 12 tahun dia harus menanggung derita dan hidup bersama tumor yang dikandungnya.

Beberapa waktu lalu, tumor ini tumbuh semakin besar dan mengancam keselamatan nyawanya. Tumor ini harus segera dihilangkan dari perutnya.

Sina News melaporkan bahwa keluarganya kini sudah berhasil mengumpulkan uang 80.000 Yuan untuk operasi. Operasi ini dilakukan di sebuah rumah sakit di Chengdu pada 22 April 2016 lalu.

Pascaoperasi, diketahui tumor yang dikandungnya ini memiliki berat mencapai 15 kg. Dr Dai, dokter yang melakukan operasi ini mengatakan bahwa tumor besar telah membuat perut, pankreas, usus dan organ lainnya bergeser dari posisi normal. Tekanan akibat tumor ini juga menyebabkan darah sulit mengalir.

Dokter mengaku bahwa operasi ini termasuk operasi yang berbahaya. Pasalnya, pasien bisa meninggal karena kehilangan banyak darah atau organ dalam yang rusak berat. Beruntungnya, masa kritis sudah dilewati, operasinya sukses dilakukan dan tumor sudah hilang dari tubuhnya. (chs/chs)