Kualitas Air Kini Dapat Diuji dalam Hitungan Detik

Silvia Galikano, CNN Indonesia | Kamis, 26/05/2016 15:50 WIB
Kualitas Air Kini Dapat Diuji dalam Hitungan Detik Ilustrasi air layak minum. (tookapic/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah alat baru dapat mengungkap dalam hitungan detik apakah air minum Anda tercemar mikroorganisme penyebab penyakit ataukah siap minum.

Alat yang diberi nama Duo Fluor itu dalam 30 detik menguji material organik seperti tumbuhan dan hewan yang sudah membusuk, serta bakteri, termasuk patogen yang menyebabkan kolera dan disentri.
 
Kepala tim, John Bridgeman, bersama Department of Civil Engineering, University of Birmingham di Inggris yang mengembangkan alat tersebut.
 
“Tak perlu kimia atau bahan pereaksi kimia lagi,” ujar Bridgeman, “dapat memberi indikasi kualitas air hanya dalam waktu beberapa detik,” ujar Bridgeman, seperti dilansir VOA.

Alat tersebut bekerja dengan memancarkan sinar berfrekuensi tinggi ke sampel air. Jika ada mikroba di air, mikroba tersebut akan menyerap foton dan memancarkan cahaya redup.


Sebuah alat tipis LED optik mendeteksi fluorescence, yang kemudian diolah di laptop.

Metode ini sensitif terhadap kotoran dan hasilnya nyaris segera, dibandingkan sekarang yang butuh 12 jam untuk menganalisis air minum.
 
Penerapannya jelas, pada 663 juta orang yang menurut PBB tak punya akses ke air minum yang aman. Atau pun jika pun ada air, 2,4 miliar tanpa sanitasi memadai, yang membuat air mereka berisiko.

Salah satu Tujuan Pembangunan yang Berkelanjutan PBB adalah agar semua orang punya akses ke air minum yang aman dan terjangkau pada 2030. Bridgeman mengatakan dia berharap Duo Fluor membantu PBB mencapai tujuan tersebut.

“Hingga ke titik ini,” ujar Bridgeman, “sebagian besar analisis yang sudah dibuat di laboratoriun, menggunakan peralatan mahal kelas penelitian, yang berharga puluhan ribu dolar. Yang sudah kita lakukan adalah memproduksi alat yang lebih kecil dibanding selembar kertas standar.”

Peneliti di University of Birmingham meyakini Duo Fluor dapat sangat berguna di tempat-tempat bencana serta tenda-tenda pengungsi.

Agen bantuan internasional, Oxfam, yang bekerja sama dengan tim Bridgeman membantu promosi dan nanti akan menyalurkan tester air.