Prancis Buka Taman Wine

Megiza, CNN Indonesia | Jumat, 27/05/2016 13:06 WIB
Prancis Buka Taman Wine Ilustrasi (Pixabay/condesign)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah taman bermain dengan tema wine bakal menjadi objek baru wisata Prancis. La Cite du Vin, yang berarti kota wine itu rencananya akan dibuka pada 1 Juni mendatang.

Terletak di Sungai Garonne di Bordeaux, taman ini dibagi menjadi sepuluh tema, layaknya ruangan-ruangan di sebuah museum. Targetnya, taman ini akan didatangi 450ribu tamu setiap tahunnya.

Didesain oleh asitek Paris XTU dan ahli desain museum Inggris, Casson Mann Limited, struktur taman museum ini menyimbolkan pusaran anggur yang bergerak dalam gelas.


Desain mereka menggambarkan semangat yang ada di dalam wine, sari anggur di dalamnya dan rasa sensual," tulis keterangan dalam brosur yang dikeluarkan oleh La Cite du Vin. seperti dikutip CNBC.

Taman bertema ini akhirnya dibuka setelah dibangun selama hampir tujuh tahun. Proyek ini menghabiskan dana sekitar Rp1,2 triliun. Uang tersebut berasal dari masyarakat sebanyak 81 persen dan 19 persen dari beberapa perusahaan yang namanya dirahasiakan.

Si Kota Wine ini membawa misi memberikan pengalaman menikmati wine yang bervariasi. Di sini ada juga sebuah auditorium dengan kapasitas 250 kursi yang dapat digunakan untuk konser, pemutaran film ataupun konferensi. Terdapat 19 area bertema yang kebanyakan adalah area interaktif.

Kota Wine ini juga menawarkan tur untuk para turis. Mereka menyebutnya dengan 'The Wine Routes' atau Jalur Wine. Dalam tur ini, pengunjung akan mendatangi kebun-kebun anggur di sekitar Bordeaux yang tentunya sambil menikmati wine-wine yang dihasilkan.

Terdapat tiga area yang menjadi tempat mencicipi wine yang di antaranya ruang sensori mendalam dan ruang pendidikan untuk anak muda. Ada juga tur yang menawarkan perjalanan yang menceritakan evolusi wine di dunia.

Di dalam taman wine ini juga dibuka toko yang menawarkan buku, kado spesial dan juga suvenir yang berhubungan dengan wine.

(meg/meg)