'Samurai' Pendobrak Tradisi Kafe

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Kamis, 02/06/2016 09:54 WIB
Samurai Coffee di Jakarta Barat punya konsep unik yang berbeda dengan kafe pada umumnya. Salah satu menu yang ditawarkan adalah kopi pengundang kantuk. Sebuah kafe di Jakarta Barat menawarkan konsep minuman yang berbeda. (Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Terobesi mempopulerkan minuman tradisional yang kalah oleh gerudukan minuman modern dari luar negeri, Basuki Surodjo mendirikan Samurai Coffee. Namanya yang unik mewakili konsep berbeda dari kafe yang ada selama ini. Kafe dengan konsep baru itu menyajikan minuman tradisional lokal berkhasiat bagi kesehatan seperti kopi, jahe, dan cokelat.

"Kami menawarkan konsep baru menikmati minuman berbahan baku herbal lokal dan tradisional dalam sentuhan modern yang menyehatkan," kata Presiden Direktur PT Air Mas Perkasa Basuki Surodjo di Jakarta, induk perusahaan Samurai Coffee, di Jakarta, belum lama ini. Samurai Coffee sendiri berlokasi di Kompleks Ketapang Indah, Jakarta Barat.

Basuki menambahkan, kopi dengan konsep baru tersebut akan ‘melawan’ stigma yang ada selama ini. 


“Kopi, yang selama ini dianggap sebagai minuman penahan kantuk, maka di kafe kami justru akan membuat penikmatnya enak tidur,” kata dia.

Sementara, minuman jahe yang selama ini dianggap kuno dan tradisional, disajikan secara menarik, lengkap dengan seluruh manfaat kesehatan jahe di dalamnya.

Basuki tidak berjuang sendirian. Dia menggandeng Indra Kurniawan pemilik Batavia Coffee di Blok M Plaza.

Dari kerjasama keduanya, lahirlah berbagai inovasi minuman unik. Salah satunya STMJ khas Samurai Coffee. Seperti yang dikenal selama ini, STMJ adalah kependekan dari susu telur madu jahe. Namun, di tangan Indra, yang terbiasa meracik minuman, STMJ hadir istimewa.

Ada pula menu Samurai Shake yang dianjurkan diminum saat batuk.

“Ini juga mengubah pandangan kalau batuk tidak boleh minum es. Minuman es susu jahe ini justru tidak berasa dingin saat diminum. Setelah minum badan terasa hangat," ungkapnya. (ANTARA/les)