Indonesia Unggulkan Wisata Bahari di PATA Travel Mart 2016

Lesthia Kertopati, CNN Indonesia | Kamis, 18/08/2016 20:57 WIB
Indonesia Unggulkan Wisata Bahari di PATA Travel Mart 2016 Wisata Bahari menjadi salah satu unggulan Indonesia untuk menarik wisatawan mancanegara. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penjualan paket wisata bahari diperkirakan bakal menjadi primadona di pameran pariwisata PATA Travel Mart 2016 di ICE BSD City, Banten, 7-9 September 2016, mendatang. Alasannya, tren wisata bahari di Indonesia kian menanjak drastis.

Penggemarnya, pejalan muda asal Tiongkok, Hong Long, Korea Selatan, dan Taiwan.

“Itu benar, anak-anak muda dari Tiongkok sudah mulai asyik dengan wisata bahari, karena di sana tidak banyak ditemukan objek wisata bahari secantik di Indonesia. Ini tren baru, yang positif buat pengembangan kawasan bahari di tanah air,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, dalam rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (18/8).


Di Indonesia, wisata bahari terbagi dalam tiga kategori, yakni wisata pesisir atau bentang pantai; kedua wisata antar pulau yang juga dikenal dengan istilah island hopping; dan ketiga, wisata bawah laut, yang tengah diburu oleh para penyelam mancanegara.

“Sekarang banyak wisatawan mancanegara lebih suka ke pantai, jadi nanti kita juga akan maksimalkan paket-paket yang mengangkat potensi keindahan pantai Indonesia,” ujar Kepala Bidang Pameran Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Asia Pasifik Kemenpar, Rita Sofia.

Dia menambahkan, beberapa destinasi yang ditawarkan adalah Tanjung Lesung, Ujung Kulon, Gunung Krakatau, Labuan Bajo, dan Morotai.

Soal pantai, kekayaan Indonesia tidak perlu diragukan. Di perhelatan Diving and Resort Travel Expo (DRT) 2016 di Taipei, Taiwan, Indonesia mendapatkan penghargaan international sebagai The Most Beautiful Diving Destination 2016.

Wajar, Indonesia memiliki lebih dari 700 titik penyelaman dan snorkeling. Beberapa yang sudah punya pamor internasional adalah Bunaken, Wakatobi, Selat Lembeh, Pulau Weh, Alor, Derawan, juga Raja Ampat.

Adapun, destinasi lain yang juga tengah dikembangkan untuk wisata bahari adalah Sonegat, Pulau Keraka, Pulau Syahrir Batu Kapal, Pulau Hatta, serta Pulau Ai.

Di ajang pameran internasional itu, Indonesia akan menawarkan 10 destinasi wisata prioritas diantaranya Kepulauan Seribu di Jakarta, Danau Toba di Sumatera Utara, Gunung Bromo di Jawa Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Belitung, dan Yogyakarta.

Eksposur Luas

PATA Travel Mart 2016 akan diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang pada 7-9 September 2016. Acara ini akan diikuti seribu delegasi industri pariwisata dari 60 negara.

Kementerian Pariwisata berharap PATA Travel Mart 2016 bisa jadi sarana promosi bagi wisata Indonesia. Pasalnya, lebih dari 100 media internasional sudah mendaftar untuk datang ke acara pameran wisata tersebut.

“Sudah ada 100 media internasional yang mendaftar,” ujar Manager Communications PATA, Paul Pruangkarn.

Tidak hanya punya kebebasan meliput acara, media internasional yang hadir juga akan diajak tur kota setengah hari secara gratis.

“Transfer kembali ke bandara juga gratis,” tambahnya. (les)