Bakar Lemak Perut Membandel Tanpa Harus 'Peras' Keringat

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Sabtu, 07/01/2017 14:30 WIB
Olahraga di gym yang memeras keringat biasa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Tapi bisakah menurunkan berat badan hanya dengan bersantai? ilustrasi: Bagi Anda yang enggan memeras keringat, bionicgym mungkin jadi solusi terbaik. (janeb13/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Saat akhir pekan tiba, niat berolahraga yang semula menggebu seringkali pupus akibat malas bergerak. Akibatnya lemak bandel di tubuh pun enggan pergi.

Kalau sudah begini, olahraga sekeras apapun rasanya jadi percuma. Tak dimungkiri kalau membakar kalori yang menimbun menjadi hal yang sulit dilakukan meskipun telah melakukan berbagai kegiatan yang menguras keringat.

Hanya saja yang selalu jadi pertanyaan banyak orang adalah, bisakah membakar kalori tanpa harus menguras keringat?


Zaman dulu rasanya hal itu mustahil. Namun kini, Anda mungkin bisa melakukannya, membakar kalori sambil bersantai di sofa.

Melansir Oddity Central, Dokter Louis Crowe seorang peneliti asal Dublin, Irlandia berhasil menciptakan sebuah alat yang mampu membakar kalori hanya dengan duduk di sofa.

Melalui video yang diunggah ke situs pribadinya, Crowe mempraktikan bagaimana alat tersebut bekerja. Ia tampak berkeringat hanya dengan menggunakan perban yang terpasang pada kedua kakinya. Perban tersebut terhubung dengan aplikasi yang terdapat pada telepon selular untuk mengatur tingkat kecepatan alat.

Alat tersebut mengirimkan getaran elektrik ke otot melalui Electrical muscle stimulation (EMS) ke perangkat olahraga. Namun berbeda dengan alat EMS lainnya, BionicGym milik Crowe menirukan gerakan seperti saat sedang menggigil. Gerakan ini adalah cara alami untuk membakar kalori tanpa melakukan apapun.

Crowe juga menunjukkan, dengan pemakaian level maksimal alat tersebut mampu menurunkan 1100 kalori dan meningkatkan detak jantung hingga 180 bpm.

Sementara itu, inspirasi membuat Bionic Gym datang 16 tahun lalu ketika dirinya menggigil kedinginan di Samudra Atlantik. Saat itu ia menyadari gerakan menggigil yang cepat akan membuatnya merasa lebih hangat.

Gerakan menggigil dinilai mampu merangsang pergerakan saraf tanpa perlu menggerakan banyak otot dan sendi seperti saat berolahraga. Crowe mengambil kesimpulan bahwa gerakan mengigil merupakan cara menurunkan kalori secara alami. Konsep gerakan menggigil itulah yang kemudian ia pakai dalam Bionic Gym.

"Alat ini akan melatih Anda dalam tingkat respiratory quotient (RQ) yang tinggi. Sebenarnya hal ini bisa terjadi saat melakukan latihan intens dan dalam waktu singkat. Tingkat olahraga ini akan mengambil energi dari glukosa atau gula. Jadi ini akan membantu menghancurkan lemak perut. Anda juga mengonversi lemak metabolik aktif menjadi gula," tulis Crowe.

Selama bertahun-tahun Crowe terus melakukan penelitian untuk menyempurnakan penemuannya. Bersama seorang ahli elektronik, Dokter Barry Broderick ia akhirnya berhasil membawa penemuannya dipasarkan secara umum. (okt/chs)