10 Makanan dan Minuman yang Punya Kandungan Gula Tinggi

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Rabu, 11/10/2017 08:14 WIB
Smoothie sampai air kelapa Foto: Hebi65/Pixabay

Smoothie sampai air kelapa

5. Susu non-dairy

Semua susu sapi secara alami mengandung gula dari laktosa. Namun, sajian susu non-dairy dapat diisi dengan tambahan gula. Misalnya, susu kedelai bisa mengandung hingga 14 gram gula tambahan per gelas.

6. Smoothie


Smoothie buah atau sayuran memang lebih sehat daripada sekaleng soda. Hanya saja untuk membuat rasanya jadi lebih enak, biasanya gula ditambahkan ke dalamnya. Satu gelas smoothie bisa mengandung gula hingga 60 sampai 70 gram.
7. Granola Jangan tertipu dengan label 'alami' dari sebungkus granola. Buah dan biji-bijian kering ini sering ditambahkan gula tambahan, seperti sirup mapel, air tebu, dan madu.

8. Buah kering

Buah memang merupakan sumber gula alami, namun tidak dengan buah kering. Buah kering biasanya ditambahkan lapisan gula agar menjaganya tetap manis. Maka, lebih baik mengonsumsi buah segar.

9. Saus botolan

Dilansir dari Reader's Digest, saus di dalam botol dapat mengandung gula. Misalnya, dalam dua sendok makan saus BBQ, ada sekitar16 gram gula pasir bisa ditemukan.

10. Air kelapa

Air kelapa biasanya dijadikan minuman setelah berolahraga karena mengandung banyak elektrolit. Rasa manis dari air kelapa juga alami. Namun, rasa manis buatan seringkali ditambahkan dalam air kelapa kemasan yang dijual selama ini.

Coba lihat kandungan nutrisi pada bagian gula tambahan, bila delapan ons gulanya mengandung lebih dari 50 kalori, maka minuman terebut mengandung terlalu banyak gula. (ara/chs)
HALAMAN :
1 2