Kaesang Jokowi Kenalkan 'Madhang' di Yogyakarta

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Kamis, 11/01/2018 20:23 WIB
Kaesang Jokowi Kenalkan 'Madhang' di Yogyakarta Untuk menghindari banyaknya makanan rumah yang berlebih, putra Joko Widodo Kaesang Pangarep membuat sebuah aplikasi jual beli makanan rumahan bernama Madhang.( ANTARA FOTO/R. Rekotomo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Terkadang ada banyak ibu rumah tangga yang memasak makanan berlebih. Hal ini menyebabkan ada banyak makanan sisa yang akhirnya harus masuk lemari es atau bahkan dibuang.

Untuk menghindari banyaknya makanan rumah yang berlebih, putra Joko Widodo Kaesang Pangarep membuat sebuah aplikasi jual beli makanan rumahan bernama Madhang.

Dalam bahasa Jawa Tengah, Madhang berarti makan.



"Masakan yang paling enak adalah masakan rumahan. Kadang-kadang, ada makanan yang berlebih. Dari pada tersisa, maka lebih baik dijual melalui aplikasi ini," kata Kaesang di Yogyakarta dikutip dari Antara.

Dia mengungkapkan bahwa siapa pun bisa bergabung menjadi mitra aplikasi ini dan menjual berbagai makanan dan minuman rumahan.

Sampai saat ini mitra aplikasi Madhang alias 'penjual' makanan sudah tersebar di Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Bali. Kaesang sendiri mengungkapkan bahwa sampai saat ini dia masih fokus untuk mencari mitra yang banyak.

"Kami tidak ingin saat jumlah pengguna banyak, makanan yang ditawarkan hanya sedikit," kata putra kedua Jokowi ini.

"Namun sebagian besar mitra memang masih berasal dari Semarang. Hampir 80 persen."

Wali Kota Yogyakarta Hayadi Suyuti yang turut hadir bersama Kaesang mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut dianggap akan memberikan nilai tambah bagi ibu rumah tangga.

"Ini adalah salah satu upaya pemberdayaan warga termasuk pelaku usaha mikro kecil. Ini juga peluang usaha yang harus bisa dimanfaatkan," kata Haryadi.

Ia juga mengingatkan agar masakan yang nantinya dijual sudah memenuhi syarat kesehatan dan higienitas sehingga tidak merugikan konsumen. (chs/chs)