Pendaftaran 'Jordan Trail 2018' Sudah Dibuka

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 21/02/2018 18:02 WIB
Pendaftaran 'Jordan Trail 2018' Sudah Dibuka Gurun Wadi Rum di Yordania. (AFP PHOTO / AWAD AWAD)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menakjubkan, aman, dan bersahabat, merupakan tiga kata yang menggambarkan Yordania. Salah satu negara Arab ini semakin ramai dikunjungi turis, terutama yang gemar berwisata sejarah dan alam.

Jalur Pendakian Yordania (Jordan Trail) merupakan kegiatan wisata alam yang paling membuat penasaran. Gurun pasir, bukit, hutan dan reruntuhan bangunan bersejarah menjadi pemandangan menarik saat melakukannya.

Tahun ini, Jordan Trail Association kembali menggelar kegiatan pendakian. Rutenya dari kawasan Um Qais di utara sampai kawasan Aqaba di selatan.


Pendakian sejauh 650 kilometer ini akan dihelat selama 40 hari. Diperkirakan, peserta akan berjalan kaki sejauh 80 kilometer. 

Walau disediakan kendaraan bermotor, namun peserta bakal lebih banyak berjalan kaki. Jadi sebaiknya, siapkan fisik yang bugar sebelum mengikuti kegiatan ini.

Sepanjang perjalanan, peserta akan melihat dari dekat keberadaan 52 desa dan kota yang dilalui. Kota Tua Petra, Gurun Wadi Rum, dan Laut Merah masuk dalam rencana kunjungan pendakian ini.

Jordan Trail mulai diselenggarakan sejak tahun 2015. Konsepnya meniru perjalanan yang sering dilakukan raja-raja Arab pada ribuan tahun yang lalu.

Petra merupakan kawasan wisata yang dikenal dengan julukan The Red Rose City. (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)

Yordania memang salah satu jalur perdagangan penting di Tanah Arab.

Penyelenggara Jordan Trail mengatakan kalau kegiatan ini bertujuan untuk membuat turis lebih mengenal Yordania dari dekat.

Peserta juga bisa melakukan aksi sosial selama perjalanan, seperti mengajar kelas, membantu pembangunan sederhana, atau menyumbangkan donasi.

Jordan Trail bakal digelar mulai dari 2 Maret sampai 14 April 2018. Namun, jika tak bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, turis bisa mengambil paket pendakian dengan durasi harian atau mingguan.

Untuk bisa mengikuti Jordan Trail peserta bisa mendaftar dengan biaya mulai dari US$295 (sekitar Rp4 juta) per orang dan per paket. Biaya tersebut sudah termasuk makan, minum, transportasi, akomodasi dan pemandu wisata.

Bagi yang ingin mendaftar, bisa mengunjungi situs resmi Jordan Trail 2018.

(ard)